Khasiat Luar Biasa Buah Nanas Bagi Kesehatan


Minggu, 18 Desember 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Khasiat Luar Biasa Buah Nanas Bagi Kesehatan

Ada yang suka dengan buah nanas? Buah yang satu, rasanya memang manis dan menyegarkan tubuh apabila dikonsumsi saat cuaca panas. Warnanya yang kuning serta aromanya yang wangi menjadi daya tarik tersendiri bagi kita untuk segera mencicipinya. Meskipun agak terasa sedikit asam, namun dibalik semua rasanya itu tersimpan banyak vitamin yang menyehatkan bagi tubuh.

Memang, tidak sedikit juga orang yang enggan untuk mengupasnya, karena ada beberapa gerigi duri kecil yang mengelilingi daun dibagian pucuknya serta kulit luarnya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui, buah nanas adalah buah yang kaya dengan manfaat kesehatan, termasuk diantaranya dapat melancarkan fungsi pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan bahkan perlindungan terhadap kanker.

Baca Juga:

Untuk menambah wawasan Anda tentang khasiat buah nanas, berikut akan dijabarkan beberapa khasiat kesehatan yang dapat diperoleh dari buah nanas:

1. Mengurangi Peradangan di Sinus

Anak-anak yang didiagnosis dengan sinusitis akut dalam studi diberi enzim bromelain, yang diperoleh dari nanas, dan ditemukan untuk mengurangi gejala mereka lebih cepat daripada terapi standar.

Lalu pada studi lain menunjukkan suplementasi jus nanas beku segar atau tidak dipasteurisasi dapat berperan dalam penurunan peradangan usus besar.

Khasiat Luar Biasa Buah Nanas Bagi Kesehatan
sumber gambar

2. Melindungi Jantung

Dalam sebuah penelitian, jus nanas ditemukan sebagai pelindung bagi jantung. Nanas penuh dengan serat, kalium dan vitamin C, yang membantu untuk menjaga jantung tetap sehat. Juga, dengan jumlah antioksidan yang tinggi, hal ini dapat membantu untuk mengurangi peradangan, memulihkan tekanan darah yang sehat.

3. Membantu Melawan Kanker

Jus nanas segar dari dagingnya, inti dan batang yang digunakan dalam studi menunjukkan penekanan pada sel kanker ovarium dan usus besar.

4. Membantu Pencernaan

Enzim bromelain pada nanas turut membantu mencerna protein. Hal ini juga membantu meringankan sakit perut dan mengurangi gejala kolitis ulserativa.

5. Tinggi Serat

Tubuh kita membutuhkan serat dan nanas penuh dengan itu. Menurut sebuah studi dari University of Kentucky: "Individu dengan asupan tinggi serat makanan tampak risiko pada signifikan lebih rendah untuk mengembangkan penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu".

"Meningkatkan asupan serat berarti menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Peningkatan asupan serat larut meningkatkan glikemia dan insulin sensitivitas pada individu non-diabetes dan diabetes."

6. Sangat Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Nanas memiliki jumlah tinggi vitamin C, yang dikenal untuk mengurangi batuk, pilek dan flu. Anak-anak yang diberi makan nanas kalengan setiap hari selama sembilan minggu selama studi di Manila, Filipina. Waktu rata-rata dari infeksi yang lebih pendek terjadi pada anak-anak yang makan nanas kalengan dibandingkan dengan anak-anak yang tidak makan nanas.

Bagaimana Memilih Nanas Yang Baik

  • Nanas dapat diperoleh bentuk segar atau kalengan, tapi bromelain akan hancur dalam jenis kalengan, jadi pilihlah yang segar.
  • Ada empat jenis utama dari nanas: emas, merah cabe rawit, merah spanyol, sugar loaf. Diantara jenis tersebut nanas emas yang warnanya keemasan adalah yang paling manis dan memiliki jumlah vitamin C tertinggi.
  • Ketika membeli yang segar, carilah yang ukurannya agak berat dan masih terlihat fresh.
  • Pastikan Anda mendapatkan nanas yang matang, karena ia tidak akan dapat matang lebih lanjut setelah dipetik. Carilah yang berbau harum manis di ujung batangnya. Jika baunya asam, apak atau difermentasi, maka itu salah satu dari nanas yang sudah jatuh masa tempo.
  • Pastikan tidak ada bintik lembut, memar dan gelap 'mata' pada nanas, karena jika sudah seperti itu berarti nanas itu sudah lama.

Cara Menyimpan Nanas yang Baik

Cara terbaik menyimpan nanas adalah untuk 1 atau 2 hari pada suhu kamar. Catatan: ini tidak akan membuatnya manis karena mereka tidak matang lebih lanjut setelah dipetik. Awasi nanas Anda, karena buah ini mudah rusak.

Jika Anda tidak ingin makan nanas dalam waktu dekat, maka cara terbaik adalah membungkusnya dan menyimpannya di dalam lemari es selama 3 sampai 5 hari. Untuk nanas yang sudah dipotong dapat disimpan dalam lemari es hingga 7 hari. Anda juga dapat membekukan potongan nanas tersebut, tapi tentu saja kita akan kehilangan kelezatannya.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...