6 Nutrisi Berguna untuk Mata yang Jarang Diketahui


Senin, 18 April 2016
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - 6 Nutrisi Berguna untuk Mata yang Jarang Diketahui

Mata adalah salah satu organ vital manusia. Untuk itu sudah semestinya kita menjaga dan merawat kesehatan mata. Sebuah pepatah lama mengatakan bahwa mata adalah jendela jiwa, tapi tentu saja hal itu tergantung dari segala sesuatu yang kita lakukan dalam hidup. Sangat penting untuk merawat mata dan penglihatan kita, cara itu bisa dilakukan dengan melakukan diet makanan sebagian maupun seluruhnya berbasis tanaman.

Meskipun ada banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mata dan penglihatan yang sehat, namun ada beberapa nutrisi yang seringkali jarang diketahui. Padahal nutrisi-nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam membantu kesehatan mata.

Baca Juga:

Berikut adalah beberapa nutrisi mata yang jarang diketahui dan makanan di mana mereka ditemukan:

Beta karoten

Kebanyakan orang telah mendengar kata beta karoten, tetapi tidak ada artikel yang menjelaskan tentang kaitan nutrisi ini untuk penglihatan yang lebih baik. Nutrisi penting ini ditemukan di banyak makanan, termasuk diantaranya: aprikot, brokoli, wortel, sawi, sayuran hijau, kale, mangga, pepaya, persik, ubi jalar, labu, bayam, dan tomat.

6 Nutrisi Berguna untuk Mata yang Jarang Diketahui
sumber gambar

Alpha karoten

Nutrisi ini sejenis karotenoid, yang berada dalam kelompok sekitar 700 pigmen kuning-oranye-merah yang berbeda ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, cenderung mengambil kursi kembali ke beta karoten, tetapi sama pentingnya untuk kesehatan mata. Nutrisi ini ditemukan dalam beberapa makanan yang tidak jauh berbeda dengan sumber beta karoten.

Naringin

Jika Anda pernah menggigit jeruk dan terasa adanya rasa pahit-asam, berarti Anda pernah mencicipi naringin. Rasa yang pahit ketika tergigit itu karena adanya hara tanaman yaitu antioksidan kuat yang membantu melindungi retina di mata. Nutrisi ini terutama ditemukan dalam grapefruit.

Lutein

Nutrisi ini larut dalam lemak biasanya hadir di mata sehat, tetapi dapat habis dari waktu ke waktu. Nutrisi ini bertindak sebagai antioksidan dalam mata untuk melindungi mereka dari kerusakan radikal bebas. Lutein merupakan pigmen berwarna kuning yang ditemukan dalam banyak makanan, termasuk: aprikot, alpukat, brokoli, wortel, sawi, telur, sayuran hijau, kale, daun bawang, mangga, pepaya, persik, ubi jalar, labu, bayam, dan tomat. Hampir sama dengan sumber beta karoten dan alpha karoten.

Zeaxanthin

Nutrisi ini memiliki beberapa efek yang sama dengan lutein. Dapat membantu mencegah terhadap hal berkaitan dengan usia degenerasi makula mata, yang merupakan penyebab kebutaan pada orang tua. Nutrisi yang menjadi pelindung mata ini ditemukan dalam aprikot, brokoli, wortel, sawi, telur, sayuran hijau, kale, daun bawang, mangga, pepaya, persik, ubi jalar, labu, bayam, dan tomat.

Rutin

Tanpa rutin, tubuh Anda tidak dapat benar-benar menyerap vitamin C. Rutin adalah nutrisi yang kuat yang meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan dan memperkuat pembuluh darah, terutama pembuluh kapiler kecil. Karena itu juga meningkatkan sirkulasi dan bertindak sebagai antioksidan terhadap kerusakan radikal bebas, sangat membantu untuk retinopati diabetes. Nutrisi yang satu ini ditemukan dalam buah jeruk, apel merah, aprikot, buah bilberry, blackberry, brokoli, gandum, ceri, kismis hitam, anggur, kacang-kacangan, bawang, paprika, plum, mawar dan teh.

------------------
Dengan memenuhi asupan keenam nutrisi diatas setiap harinya, maka kesehatan mata kita dapat terjaga. Cara yang terbaik dalam menemukan keenam nutrisi penting di atas adalah dengan memenuhi bermacam makanan berwarna kuning, oranye, merah, dan hijau dalam menu harian Anda. Baik buah maupun sayuran.


Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...