Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Terkena Sirosis Hati


Jumat, 04 Maret 2016
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Terkena Sirosis Hati

Kabar baik lagi untuk Anda para pecinta kopi, berita terbaru tentang kopi kali ini akan membuat Anda semakin mencintai minuman favorit Anda. Ternyata minum kopi beberapa cangkir setiap hari dapat mengurangi risiko mengembangkan sirotis hati. Penyakit fungsi kerusakan hati ini seringnya dikaitkan dengan penyalahgunaan alkohol dan gaya hidup yang berhubungan dengan lemak berlebih pada liver yang dihasilkan dari obesitas dan diabetes. Anehnya, minuman favorit Anda ini mungkin dapat mengurangi beberapa faktor yang menyebabkan penyakit tersebut terjadi.

Baca Juga:

Sebuah meta-analisis kompilasi hasil dari sembilan studi yang berbeda menemukan bagaimana peserta telah menurunkan risiko mengembangkan sirosis hati sebesar 44 persen hanya dengan meminum dua cangkir kopi ekstra setiap hari. Menariknya lagi, dengan minum tiga cangkir ekstra kopi setiap hari dapat mengurangi risiko sebesar 57 persen dan empat cangkir menurunkan lebih jauh 65 persen. Sungguh tak terduga!

Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Terkena Sirosis Hati
sumber gambar

Sirosis terjadi ketika jaringan parut berkembang di organ, sehingga mencegah dari melakukan fungsi vitalnya. Tidak ada obat untuk penyakit ini, namun pengetahuan tentang poin pencegahan yang ada lebih dominan terhadap perubahan gaya hidup. Misalnya, obesitas dan diabetes merupakan kontributor utama untuk pengembangan sirosis. Kondisi ini, yang dapat dicegah, memerlukan kesadaran dalam praktek gaya hidup sehat. Para penulis mengingatkan orang untuk tetap menyadari betapa keseimbangan ini sangat penting dengan tujuan kesehatan, termasuk menghindari sirosis hati.

Dr Oliver Kennedy, salah satu penulis studi tersebut dari Southampton University, menyatakan, "Kopi adalah campuran kompleks yang mengandung ratusan senyawa kimia, dan tidak diketahui mana yang bertanggung jawab untuk melindungi hati." Senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam kopi diduga berperan sebagai pelindung, namun penelitian lebih lanjut memang masih diperlukan.

Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Terkena Sirosis Hati

Menggunakan kopi sebagai pencegahan harus menjadi bagian dari kesehatan yang lebih besar dan rutin. Samantha Heller, ahli gizi klinis senior di New York University Langone Medical Center, memberitahu kepada Huffington Post untuk analisisnya: "Sayangnya, meskipun kopi mengandung senyawa yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, minum beberapa cangkir kopi sehari bisa tidak memperbaiki kerusakan yang sistematis, yang merupakan hasil dari kelebihan berat badan atau obesitas, yang menetap, konsumsi alkohol yang berlebihan atau secara drastis mengurangi diet yang tidak sehat. " ini semua tentang keseimbangan!

Kesimpulannya, minum kopi beberapa cangkir setiap hari pada sebagian besar orang yang sudah diteliti memang telah mengurangi risiko sirosis hati, namun menurut ahli gizi Samantha, hal ini tidak menjadi sebuah patokan, sebab kebiasaan gaya hidup dan pola makan juga turut berpengaruh. Dimana kesemuanya itu harus seimbang.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...