Resep Smoothie Akar Dandelion Panggang Yang Menyehatkan


Jumat, 20 Oktober 2017
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Resep Smoothie Akar Dandelion Panggang Yang Menyehatkan

Bagi para pencinta buah-buahan pasti sudah tahu apa itu minuman smoothie. Smoothie adalah minuman yang dibuat dari bahan dasar buah-buahan kemudian dicampur dengan susu ataupun yogurt. Minuman yang terbuat dari buah tentu saja sudah dijamin sangat baik bagi kesehatan. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa akar Dandelion juga bisa dibuat Smoothie? Hmm, yang baru mendengar pasti akan sedikit aneh.

Baca Juga:

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa akar dandelion memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Malah tidak sedikit yang tahu menjadikannya sebagai menu favorit. Ini bukan lelucon, akar dandelion tidak hanya hebat dari perspektif kesehatan tapi juga sangat lezat.

Resep Smoothie Akar Dandelion Panggang Yang Menyehatkan
sumber gambar

Saat ini, memang belum begitu tenar, namun beberapa orang mulai membicarakan tentang smoothie akar dandelion. Saran saya cobalah untuk membuat dan merasakan smoothie akar panggang dandelion.

Pertama, izinkan saya untuk membagikan sedikit tentang dandelion tersebut yang telah menjalani penelitian ekstensif, terutama di universitas kedokteran terkemuka Kanada karena sifat anti-kankernya yang potensial (dipublikasikan di jurnal Molecules). Ini bahkan efektif melawan kanker yang tahan kemoterapi! Jenis kanker ini tidak merespons kemoterapi. Baik akar dandelion dan daun hijaunya adalah penguat hati. Penelitian dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa dandelion membantu melindungi hati dari kerusakan akibat obat lain, termasuk obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen.

Dan itu hanya awal dari sifat terapi dandelion. Tingginya boron mineral penting tapi kebanyakan diabaikan yang diperlukan untuk membangun tulang, ini memurnikan darah dan bahkan merupakan antibiotik alami yang hebat.

Nah, jika Anda tertarik ingin membuat smoothie yang lezat serta menyehatkan, maka akar dandelion panggang sangat cocok untuk Anda coba, rasanya akan mirip seperti kopi es yang dicampur. Berikut cara membuatnya:

Bahan-bahan:
  • 2 cangkir susu almond
  • ½ cangkir kacang mete mentah dan tawar
  • 1 sendok teh madu atau sedikit gula (ini opsional, saya lebih sarankan tanpa pemanis)
  • 2 sendok makan akar dandelion panggang
  • 6 es batu kecil
Cara membuat smoothie akar dandelion panggang:

Tambahkan susu almond, kacang mete, madu, dan akar dandelion ke blender. Blender sampai halus. Tambahkan es batu dan aduk lagi. Sajikan segera.

Cara Memanggang Akar Dandelion

Dandelion paling baik dipetik dari daerah dengan lalu lintas tinggi atau daerah yang telah disemprot dengan pestisida. Idealnya, pilih akar dandelion setelah curah hujan karena akarnya nampak keluar lebih mudah.

Bersihkan akar dan potong bagian atasnya (Anda bisa menyimpan sayuran muda sebagai tambahan salad atau tumis dengan sedikit minyak zaitun dan bawang putih cincang dan beberapa jus lemon segar serta garam laut). Tempatkan di atas loyang dalam oven 200 derajat Fahrenheit dan panggang selama 1-½ sampai 3 jam, tergantung pada ukuran akar dan tingkat panggang yang diinginkan.

Dandelion mirip dengan kopi dengan pilihan panggang ringan dan gelap. Angkat dari oven dan dinginkan. Gilinglah bubuk halus di penggiling kopi atau rempah-rempah. Anda juga bisa menggunakan blender bertenaga tinggi dengan bahan kering. Simpan bubuk yang sudah halus ke dalam stoples kedap udara dan gunakan sesuai keinginan. Sebagai alternatif, jika terlalu banyak pekerjaan atau Anda tidak memiliki akses terhadap dandelion berkualitas baik, Anda juga dapat membeli akar dandelion pra-panggang dalam kemasan di banyak toko makanan kesehatan terdekat dengan rumah Anda, atau bisa juga dicari secara online.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...