Makan Sayuran Setiap Hari Dapat Mengurangi Stres


Rabu, 05 April 2017
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Makan Sayuran Setiap Hari Dapat Mengurangi Stres

Hampir semua orang tahu bahwa sayuran itu sehat. Mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga dapat mengobati penyakit kronis, sayuran memang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Bahkan, para ilmuwan sendiri seolah tak pernah berhenti terus menemukannya.

Dalam sebuah studi baru dari University of Sydney di Australia, para peneliti menemukan bukti sayuran memiliki dampak positif pada tingkat stres. Tidak mengherankan, jika kita tidak pernah bisa untuk mengurangi porsi sayuran setiap harinya.

Baca Juga:

Lebih dari 60.000 orang dewasa di Australia usia 45 tahun dan lebih tua diberikan kuisioner pada dua titik yang berbeda dalam waktu antara tahun 2006 dan 2010. Mereka diminta pertanyaan berdasarkan buah dan sayuran yang mereka makan, faktor gaya hidup, dan tingkat stres mereka.

Makan Sayuran Setiap Hari Dapat Mengurangi Stres
sumber gambar. edited

Untuk langkah-langkah tingkat stres, peneliti menggunakan Kessler Psychological Distress Scale. Mereka menemukan bahwa tingkat stres yang lebih tinggi dikaitkan dengan beberapa faktor lebih dari yang lain, seperti menjadi perempuan, menjadi lebih muda usia, memiliki pendidikan rendah, memiliki tingkat pendapatan yang lebih rendah, menjadi seorang perokok, menjadi orang yang jarang kemana-mana, dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Partisipan yang mengonsumsi 3 hingga 4 porsi sayuran sehari menurunkan risiko stres dengan 12 persen dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi satu porsi atau tidak sama sekali. Di antara peserta yang dikombinasikan asupan buah dan sayuran adalah 5 sampai 7 porsi sehari, risiko stres bahkan lebih rendah di 14 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak makan atau hanya 1 hingga 4 porsi sehari.

Peserta perempuan yang makan lebih banyak buah dan sayuran tampaknya yang paling merasakan manfaat. Wanita yang makan 5 sampai 7 porsi sehari menurunkan risiko stres dengan 23 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak makan atau hanya satu porsi sehari.

Sementara lebih tinggi asupan buah dan sayuran dapat memberikan keuntungan terbaik, untuk 3 sampai 4 porsi sehari masih tujuan besar. Wanita yang mengkonsumsi 3 sampai 4 porsi sehari memiliki risiko 18 persen lebih rendah dari stres dibandingkan dengan tidak makan atau satu porsi sehari. Bahkan dua porsi sehari memberikan manfaat, menurunkan risiko stres sebesar 16 persen dibandingkan dengan yang tidak makan atau satu porsi sehari.

Menurut para peneliti, mungkin lebih baik untuk mendukung lebih banyak asupan sayuran atau buah-buahan karena asupan buah saja tampaknya tidak dikaitkan dengan menurunkan tingkat stres.

Ini bukan pertama kalinya bahwa buah-buahan dan sayuran telah dikaitkan dengan faktor kesejahteraan psikologis. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa makan lebih tinggi dari rata-rata jumlah harian buah dan sayuran (sekitar delapan porsi sehari) bisa memiliki efek meningkatkan suasana hati yang mengarah ke perasaan kebahagiaan.

Apakah sekarang Anda mulai tertarik dengan sayuran?

Selama Anda makan sayuran setiap kali makan atau ngemil, itu akan menjadi mudah untuk mendapatkan sebanyak 5 sampai 7 porsi setiap hari. Tubuh dan pikiran Anda akan berterima kasih untuk itu.

Sumber Bacaan


Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...