Obat Alami Meringankan Rasa Sakit Pada Luka Bakar


Jumat, 17 Mei 2019
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Obat Alami Meringankan Rasa Sakit Pada Luka Bakar

Luka bakar adalah salah satu bahaya utama saat bekerja, baik itu melakukan pekerjaan utama sehari-hari maupun pekerjaan di rumah atau aktifitas yang terkait dengan hal ini. Saya tidak bisa memberi tahu Anda berapa kali saya pernah mengalami luka bakar, entah itu tanpa sengaja meletakkan tangan saya di tepi panci panas, ataupun menempelkan lengan saya di alat setrika. Dan banyak lagi tentunya hal-hal yang menyebabkan luka bakar. Dan Anda pasti pernah mengalaminya juga kan?

Baca Juga:

Nah, berbicara masalah luka bakar, berikut ada obat alami yang bisa Anda gunakan untuk meringankan rasa sakit luka bakar Anda. Namun sebelumnya mari kita pelajari sedikit tentang luka bakar.

Obat Alami Meringankan Rasa Sakit Pada Luka Bakar
sumber gambar

Jenis-Jenis Luka Bakar

Anda mungkin pernah mendengar tentang luka bakar tingkat pertama, kedua, dan ketiga, tetapi bisakah Anda membedakannya?

Menurut WebMD, luka bakar tingkat pertama relatif ringan. Sakit, dan kulit Anda akan memerah. Dalam pengalaman saya sendiri, luka bakar tingkat pertama sembuh dengan cepat dan tidak perlu banyak manajemen nyeri.

Luka bakar tingkat kedua adalah yang cukup parah sehingga rasa sakitnya menetap, tetapi Anda mungkin tidak perlu ke dokter kecuali ada komplikasi. Area luka bakar akan berubah menjadi merah, membengkak dan dapat membentuk lepuh. Ketika saya mengalami luka bakar tingkat dua, area yang melepuh sering berubah menjadi bekas luka sementara atau permanen.

Sedangkan luka bakar tingkat ketiga membutuhkan perhatian medis. Kulit Anda akan menjadi hangus dan hitam atau berkapur dan putih, serta Anda akan mati rasa di area yang terbakar.

Obat Alami untuk Luka Bakar

Ingat: obat luka bakar ini hanya untuk luka bakar ringan tingkat pertama dan tingkat kedua. Jika Anda berurusan dengan luka bakar tingkat ketiga yang parah, kunjungilah dokter sesegera mungkin!

1. Air Dingin (BUKAN ES!)

Saya mempelajari obat bakar ini di kelas sekolah menengah, dan ini sangat efektif! Saat Anda menyadari bahwa Anda membakar diri sendiri, nyalakan keran air dingin, dan tempelkan area yang terbakar di bawah keran. Air dinginnya terasa sangat menenangkan!

2. Sabun dan Air

Setelah air dingin sedikit meredakan rasa sakit, cucilah luka bakar dengan lembut dengan sabun dan air. Ini sangat penting untuk luka bakar derajat dua, karena ada risiko infeksi dari lepuh.

Jika luka bakar Anda melepuh, cuci secara teratur untuk menjauhkan kuman-kuman itu!



3. Kain Lap yang Direndam Air Dingin

Air keran yang mengalir itu terasa hebat, sangat membantu, tetapi kita banyak membuang air. Saya telah menemukan bahwa, setelah rasa sakit awal mereda, dapat membantu membuat kompres dingin dengan merendam handuk kecil ke air keran dingin. Oleskan dengan lembut, dan basahi kembali, sesuai kebutuhan.

4. Lidah Buaya

Hancurkan daun tanaman lidah buaya Anda untuk menghilangkan rasa sakit yang lebih banyak! Lidah buaya tidak hanya terasa menyejukkan, tetapi juga kaya akan antioksidan yang membantu penyembuhan lebih cepat. Lidah buaya juga antibakteri, sehingga dapat membantu menjaga infeksi dari awal. Ini bukan pengganti sabun dan air ya..

5. Tutupi (tapi jangan terlalu rapat)

Kulit yang terbakar sangat sensitif, terutama untuk satu atau dua hari pertama. Jika luka bakar Anda berada di suatu daerah, seperti lengan Anda, yang menyapu banyak hal sepanjang hari, tutuplah dengan perban secara longgar untuk melindunginya. Jangan membalut perban dengan ketat, karena itu bisa memperlambat penyembuhan. Biarkan semuanya longgar, sehingga udara bisa masuk.

--------------------
Nah, itulah beberapa obat alami yang dapat Anda gunakan untuk meringankan rasa sakit pada luka bakar. Semoga bermanfaat.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...