Stop, Mengorek Apapun Dari Dalam Telinga Anda!


Sabtu, 07 Januari 2017
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Stop, Mengorek Apapun Dari Dalam Telinga Anda!

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang suka mengorek telinga, baik itu sekedar untuk meringankan gatal atau untuk mengeluarkan beberapa kotoran telinga? Nah, jika Anda adalah salah satu dari mereka, ahli medis memiliki beberapa berita buruk bagi Anda.

Seperti yang dilansir Popular Science, American Academy of Otolaryngology (AAO), mengenai telinga, hidung, dan tenggorokan, telah merilis set terbaru dari pedoman bagi dokter dalam menangani masalah otolaryngological pada pasien serta pesan untuk pasien itu sendiri. Pesan tersebut adalah: hentikan mengorek sesuatu di telinga Anda!

Baca Juga:

Memang, kotoran telinga bisa mengganggu, dan mungkin akan membuat Anda puas jika dapat menariknya keluar melalui gumpalan berbulu dari resin aural yang tidak diinginkan. Tapi masalahnya adalah bahwa kebanyakan orang justru menggunakan pengorek telinga mereka terlalu dalam dan akhirnya merusak atau bahkan merobek membran timpani mereka, yang pada dasarnya merupakan gendang telinga Anda.

Stop, Mengorek Apapun Dari Dalam Telinga Anda!
sumber gambar

Ini jelas, bukanlah hal yang baik. Bahkan, itu akut dan menyakitkan. Meski hanya mendorong, probe-shedding serat mikroba yang tertutup ke dalam pembukaan saluran telinga dapat menyebabkan perforasi yang terinfeksi.

Perlu diketahui, kotoran telinga adalah bukan hal yang buruk. Ini adalah sesuatu yang akan dapat dengan sendirinya berjalan keluar, seperti sesuatu yang muncul dari lubang hidung Anda, dan juga ia memiliki suatu alasan, yaitu untuk menjebak partikel, debu, serta mikroba yang berusaha masuk ke dalam telinga. Jika Anda membersihkannya dengan cotton bud cenderung malah mendorong lilin tua kembali masuk ke dalam dan mencegah lilin baru untuk mendorong lilin tua keluar. Seperti itu kira-kira sistemnya. Dan hal ini tidak semua orang mengetahuinya.

Parahnya, beberapa orang justru semakin melakukan hal-hal yang lebih daripada itu. Misalnya saja menggunakan terapi lilin. Metode pembersihan telinga dengan lilin, adalah dengan cara menggunakan lilin yang menyala, lalu mearuhnya pada saluran telinga Anda untuk menarik keluar kotoran dari dalam telinga.

Ini tidak benar-benar terbukti berhasil, sebab perlu dicatat, cara ini hanya akan mendapatkan risiko terburuk yaitu telinga terbakar. Meskipun kotoran lilin telinga dapat dikeluarkan, tapi Anda jangan bermain-main dengan api yang justru dapat mengakibatkan fatal pada telinga.

Jika Anda benar-benar ingin membersihkan telinga Anda dari beberapa lilin telinga, cucilah bagian luar kanal dengan air panas selama mandi. Bersihkan hanya pada bagian yang mudah dan terlihat saja. Jangan sampai membuat macet instrumen karena risikonya adalah telinga tuli. Tentu bukan itu harapan Anda bukan?

Kotoran telinga bisa menjadi masalah jika menumpuk terlalu banyak, dan jika Anda berpikir hal ini terjadi, maka saran terbaik adalah pergi ke dokter THT. Mereka memiliki instrumentasi profesional, yang dapat mengeluarkan kotoran itu dari telinga Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...