Awas, Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit


Jumat, 19 Januari 2018
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Awas, Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit

Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum Anda duduk dengan semangkuk popcorn, keripik atau cokelat di malam hari. Makan larut malam bisa menimbulkan malapetaka lebih dari sekedar ukuran pinggang Anda. Kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini mungkin juga memiliki efek merugikan pada kulit Anda.

Dan, masih ada lagi. Dalam sebuah penelitian baru, para periset menemukan bahwa makan larut malam tidak hanya merusak kulit Anda, mereka bahkan menemukannya dapat memiliki efek mendalam pada genetika Anda. Saai ini, saya membaca banyak penelitian setiap hari jadi saya jarang terkejut dengan hasilnya, tapi yang satu ini sangat menarik sehingga saya hampir terlompat dari tempat duduk saya dalam keinginan saya untuk berbagi temuan dengan Anda. Maklum, mungkin saya adalah salah satu dari yang memiliki kebiasaan tersebut.

Baca Juga:

Studi yang dipublikasikan di jurnal medis Cell Report menemukan bahwa ngemil larut malam membuat kulit kita lebih rentan terhadap kerusakan UV dari sengatan sinar matahari atau penyamakan. Mereka menemukan bahwa ngemil larut malam dapat membuang ritme sirkadian alami kulit kita, yang merupakan ritme yang mengatur fungsi tubuh kita setiap hari. Ya, kulit kita memiliki ritme sirkadian, yang mungkin mengejutkan Anda.

Awas, Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit
sumber gambar

Para periset juga menemukan bahwa asupan makanan benar-benar berdampak pada banyak gen di kulit dan bagaimana cara mengekspresikannya. Anda membacanya dengan benar: pilihan makanan Anda dan bahkan waktu pilihan ini dapat menentukan apakah gen di kulit Anda menyala atau mati. Kita cenderung menganggap gen kita tetap dengan sedikit masukan dari kita. Lagi pula, kita mewarisinya dari orang tua kita, bukan? Meskipun ini benar, bukan keseluruhan cerita. Apa yang kita makan dan kapan kita makan sebenarnya bisa menentukan apakah gen di kulit kita dinyalakan atau dimatikan.

Gen bisa diaktifkan seperti saklar on-off di tubuh kita. Bidang nutrigenomik (studi tentang bagaimana gen dipengaruhi oleh pilihan makanan kita) telah menunjukkan kepada kita bahwa kita tidak harus menjadi tahanan gen kita, menunggu gen yang mempromosikan penyakit diaktifkan seperti bom waktu yang berdetak di dalam diri kita. Studi baru ini menunjukkan bahwa kita memiliki lebih banyak kekuatan atas gen kita daripada yang diyakini sebelumnya.

Jadi, apa artinya ini bagi Anda dan bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penelitian ini? Studi tersebut menemukan bahwa makan larut malam berdampak negatif pada sensitivitas kulit terhadap sinar UV-B, membuat kita lebih rentan terhadap kerusakan kulit akibat sinar matahari atau penyamakan. Dengan makan di awal hari kita bisa membalikkan (setidaknya sebagian) kepekaan kulit kita terhadap sinar matahari dan membantu mengurangi kemungkinan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan kanker kulit yang bisa dikaitkan dengannya.



Dengan demikian, kita dapat membantu mencegah gen kanker kulit untuk dihidupkan, dan itu bisa membantu mencegah kanker kulit seumur hidup kita. Tentu saja, ada faktor risiko lain untuk kanker kulit seperti tidak mengekspos diri kita pada sinar matahari berlebih, tidak merokok dan tetap aktif berolahraga. Tapi ada baiknya mengetahui bahwa dengan tidak makan selama beberapa jam sebelum tidur, kita telah memberi gen kita bantuan untuk menjaga kesehatan kita.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan tersebut? Berikut adalah beberapa saran untuk membantu menendangnya:
  • Mengambil sepotong buah yang mencerna dengan cepat dan menawarkan banyak nutrisi bermanfaat daripada makanan pencuci mulut atau makanan manis lainnya yang tidak sehat.
  • Minum segelas air saat Anda merasa lapar di malam hari. Seringkali, kita salah, padahal sebenarnya kita haus bukan kelaparan.
  • Jika Anda hanya ngemil makanan ringan, maka kurangi ukuran porsinya dan bekerja dari sana sampai Anda berhenti makan setidaknya beberapa jam sebelum tidur.
  • Bukannya keripik atau popcorn, tapi makanlah beberapa asinan kubik atau acar alami. Probiotik akan membantu memastikan pencernaan makanan ini dengan cepat.
-----------------------
Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membantu menghilangkan kebiasaan ngemil larut malam Anda, sehingga bisa menjaga kesehatan kulit Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recomended For You:

loading...
loading...