Ternyata, Asupan Kafein Yang Tinggi Tidak Baik Untuk Atlet


Rabu, 07 Februari 2018
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Ternyata, Asupan Kafein Yang Tinggi Tidak Baik Untuk Atlet

Kopi dikenal karena kafeinnya yang dapat meningkatkan energi, belum lagi rasa dan aroma yang menyenangkan membuat banyak orang semakin mencintai kopi. Sementara jutaan orang di seluruh dunia mengandalkan asupan kopi harian mereka untuk meningkatkan tingkat energinya, penelitian baru malah menemukan bahwa mungkin ini bukan ide bagus ketika menyangkut kinerja latihan Anda.

Baca Juga:

Menurut penelitian baru yang dipublikasikan di International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism, kopi dapat mengurangi kinerja olahraga. Kebanyakan orang hanya berasumsi bahwa jika kafein dalam kopi meningkatkan energi daripada memiliki lebih banyak energi juga seharusnya bisa meningkatkan olahraga, namun penelitian tersebut menyarankan sebaliknya.

Ternyata, Asupan Kafein Yang Tinggi Tidak Baik Untuk Atlet
sumber gambar

Peserta studi laki-laki menjalani kegiatan kinerja sprint yang berulang. Mereka melakukan tes tanpa kafein untuk menentukan baseline dan kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menerima permen karet berkafein atau plasebo, yang terdiri dari permen karet tanpa kafein.

Para periset menemukan bahwa jumlah kafein yang rendah (40 miligram per hari) secara teratur baik untuk kinerja, namun jumlah yang lebih tinggi, yang ditetapkan lebih besar dari 130 miligram setiap hari, justru mengakibatkan buruknya kinerja olahraga pada peserta penelitian. Studi tersebut juga menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi sekitar 2 sampai 3 cangkir kopi setiap hari mengalami penurunan dalam kinerja sprint mereka.

Berdasarkan hasil penelitian, satu cangkir dua belas ons kopi setiap hari atau dua cangkir teh hitam atau hijau tidak mungkin mempengaruhi kinerja olahraga Anda, namun minum lebih banyak dari itu mungkin akan merugikan hasil Anda.

Penelitian sebelumnya di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan bahwa kafein meningkatkan kekuatan otot sehingga kafein mungkin tidak sepenuhnya buruk untuk aktivitas fisik.



Kesimpulan

Kafein dapat meningkatkan energi dengan merangsang sistem saraf pusat, yang mengurangi kelelahan dan rasa kantuk. Sementara atlet dapat beralih ke minuman ini untuk meningkatkan kinerjanya, namun hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 atau lebih cangkir kopi mungkin memiliki efek sebaliknya. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus kehilangan minuman kopi favorit Anda, hanya saja alangkah lebih baik jika Anda seorang atlet, kurangi konsumsi kopi berkafein yang tinggi.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...