Segudang Khasiat Minyak Oregano Bagi Kesehatan


Jumat, 29 November 2019
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Segudang Khasiat Minyak Oregano Bagi Kesehatan

Selain aroma aromatiknya, minyak oregano sering dinilai sebagai obat pilek dan flu. Banyak orang yang bersyukur atas manfaat ini, termasuk para ibu yang harus berurusan dengan anak-anak sekolah yang terisak. Namun, minyak dari ramuan kuat ini juga memberi kita banyak manfaat kesehatan lainnya.

Apa itu minyak oregano?

Minyak Oregano berasal dari tanaman oregano, Origanum vulgare, yang termasuk dalam keluarga mint. Minyak ini telah ditemukan memiliki banyak manfaat kesehatan karena kemampuannya untuk melawan peradangan, mikroba, jamur, dan virus, serta bertindak sebagai agen antidiabetes, antikanker, dan antioksidan.

Baca Juga:

Minyak oregano dibedakan dari minyak atsiri oregano karena minyak oregano tersedia sebagai suplemen yang sudah diencerkan dan segera tersedia untuk digunakan secara oral atau topikal. Minyak esensial, di sisi lain, jauh lebih pekat dan dapat digunakan seperti aromaterapi atau diencerkan untuk keperluan pengobatan.

Segudang Khasiat Minyak Oregano Bagi Kesehatan
sumber gambar

Batang dan daun oregano yang lebih kecil mengandung senyawa kuat yang telah diidentifikasi sebagai bahan penyembuhan aktif utama. Mereka termasuk:
  • Carvacrol, yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri
  • Timol, antijamur alami yang dapat membantu melindungi terhadap racun dan juga mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh
  • Asam Rosmarinic, antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam sebuah studi 2019, para ahli mengeksplorasi bukti bahwa asam rosmarinic dapat membantu melindungi hati terhadap kerusakan dan penyakit.
Bersama-sama senyawa ini memberi kita obat herbal yang dapat bermanfaat bagi setiap rumah tangga.

Manfaat kesehatan dari minyak oregano

Selain mengatasi gejala pilek dan flu, pertahankan minyak ini untuk membantu mengatasi tantangan kesehatan berikut. Minyak oregano dapat digunakan secara oral (kapsul, tetes) atau topikal.

Membunuh bakteri. Carvacrol adalah kunci dalam membantu memerangi bakteri jenis tertentu. Penelitian menunjukkan bahwa minyak dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi Staph, Staphylococcus aureus dan S. epidermidis.

Melawan jamur. Apakah Anda berurusan dengan jamur kuku? Candida? Kaki atlet? Minyak oregano mungkin datang untuk menyelamatkan. Timol tampaknya menjadi bahan di balik manfaat ini. Dalam sebuah studi laboratorium, para ahli menemukan bahwa timol efektif melawan strain Candida albicans, C. tropicalis, dan C. krusei.

Mengurangi peradangan. Sejumlah penelitian laboratorium dan hewan telah mencatat bahwa minyak oregano (carvacrol) dapat membantu mengurangi peradangan. Dalam sebuah penelitian di 2017, para peneliti mencatat bahwa carvacrol mencegah obesitas dengan memengaruhi gen yang terkait dengan peradangan. Dalam penelitian lain, carvacrol mengurangi pembengkakan.

Mengusir serangga yang mengganggu. Jika Anda terganggu oleh nyamuk dan kutu, carvacrol dan timol dalam minyak oregano dapat mengusir mereka. Penelitian pada tabung reaksi dan manusia menunjukkan bahwa menggosokkan minyak oregano encer pada kulit Anda dapat menjauhkan hama ini.

Membantu menurunkan berat badan. Para peneliti telah menemukan bahwa carvacrol memiliki kemampuan untuk mengganggu proses yang menghasilkan pengembangan jaringan lemak. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk melihat apakah minyak oregano dapat membantu menurunkan berat badan.

Bantuan dalam memerangi kanker. Penelitian di bidang ini berpusat pada tabung reaksi dan penelitian pada hewan. Namun, para ahli telah melihat beberapa keberhasilan dalam memerangi kanker paru-paru, payudara, usus besar, dan prostat di laboratorium.

Menyembuhkan luka. Anda dapat menggunakan minyak oregano encer pada kulit Anda untuk membantu menyembuhkan luka ringan, goresan, dan lecet. Carvacrol dan thymol melindungi luka-luka ini dari infeksi bakteri.

Meringankan rasa sakit. Sejauh ini bukti telah terlihat pada hewan, tetapi ekstrak oregano telah terbukti memberikan penghilang rasa sakit. Studi ini melibatkan solusi air oregano daripada berbasis minyak. Para ilmuwan belum melaporkan studi pada manusia.



Cara menggunakan minyak oregano

Secara umum, disarankan Anda mengambil minyak oregano setiap hari, sekali atau dua kali sehari, sebagai tindakan pencegahan untuk pilek atau flu. Jika pilek atau flu sudah mulai mereda, Anda bisa mengonsumsi minyak oregano setiap hari sampai Anda merasa lebih baik. Kecuali jika diarahkan oleh dokter, Anda harus mengikuti petunjuk dosis pada label.

Minyak topikal oregano dapat membantu untuk kelenjar bengkak, misalnya, atau untuk menyembuhkan luka atau mengobati jamur kuku.

Karena tubuh cenderung menyesuaikan diri dengan penggunaan obat herbal biasa jika Anda tidak istirahat, jangan gunakan minyak selama lebih dari tiga minggu. Gunakan minyak oregano langsung dari botol dan letakkan tetesan di bawah lidah Anda. Jika Anda tidak bisa mentolerir rasanya, Anda bisa minum kapsul.

Jika Anda hamil, Anda harus menghindari minyak oregano kecuali Anda mencairkannya dengan air dan hanya mengambilnya ketika benar-benar diperlukan. Alternatif lain adalah menggunakannya secara topikal setelah mencampurkannya dengan minyak pembawa seperti almond atau minyak zaitun.

Minyak Oregano dapat menyebabkan reaksi alergi jika Anda alergi terhadap oregano atau tanaman lain dalam keluarga yang sama, seperti kemangi, lavender, mint, dan sage.

Kesimpulan

Minyak oregano adalah obat alami yang bagus untuk masuk angin dan flu. Namun, itu juga mengandung beberapa manfaat kesehatan lain yang penting untuk diketahui. Simpan sebotol minyak oregano di peti obat alami Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber Bacaan


Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...