Ternyata Ada Stres Yang Sehat Loh, Apakah Itu?


Selasa, 01 September 2020
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Ternyata Ada Stres Yang Sehat Loh, Apakah Itu?

Tanpa sepengetahuan kebanyakan orang yang suka bersenang-senang, tidak semua stres itu buruk. Tidak sedikit pun. Ada dua jenis stres yang berbeda, masing-masing berbeda seperti euforia dan jarang- disebutkan sebaliknya, dysphoria.

Lalu stress apakah yang buruk dan begitupun sebaliknya, stress apakah yang baik? Seorang penulis buku bernama Timothy Ferris mengungkapkan observasinya dalam judul "Distress is Bad, Eustress is Good."

Apa perbedaan antara distress dan eustress?

Distress mengacu pada rangsangan berbahaya yang membuat Anda lebih lemah, kurang percaya diri, dan kurang mampu. Kritik yang merusak, atasan yang kasar, dan menghantam wajah Anda di tepi jalan adalah contohnya. Ini adalah hal-hal yang ingin kita hindari.

Ternyata Ada Stres Yang Sehat Loh, Apakah Itu?
sumber gambar

Eustress, di sisi lain, adalah kata yang sebagian besar dari Anda mungkin belum pernah dengar. Eu-, awalan Yunani untuk 'sehat', digunakan dalam arti yang sama dalam kata 'euforia'. Model peran yang mendorong kita untuk melampaui batas kita, pelatihan fisik yang menghilangkan ban serep kita, dan risiko yang memperluas lingkup tindakan nyaman kita adalah contoh stres-eustress yang menyehatkan dan stimulus untuk pertumbuhan.

Orang yang menghindari semua kritik gagal. Ini adalah kritik destruktif yang perlu kita hindari, bukan kritik dalam segala bentuk. Demikian pula, tidak ada kemajuan tanpa eustress, dan semakin banyak eustress yang dapat kita ciptakan atau terapkan dalam hidup kita, semakin cepat kita dapat mewujudkan impian kita. Triknya adalah membedakan keduanya.

Contoh distress dan eustress

Contoh distress di lingkungan eksternal Anda akan memungkinkan diri Anda untuk bergaul dengan orang-orang negatif dan / atau bermusuhan, atau bekerja di kantor yang berantakan dengan tumpukan pekerjaan yang belum selesai di meja Anda, kursi yang membuat Anda sakit punggung dan monitor komputer yang membuat Anda menyipitkan mata.

Contoh eustress di lingkungan eksternal Anda adalah memilih untuk bergaul hanya dengan orang-orang positif dan memilih untuk menghilangkan kontak langsung dengan orang-orang negatif dan bermusuhan dalam hidup Anda, memilih untuk mempertahankan kantor Anda sehingga proyek prioritas tertinggi Anda saat ini selalu berada di tengah-tengah meja yang jelas, dengan daftar tugas harian prioritas Anda terlihat jelas di samping daftar tujuan mingguan, bulanan, dan tahunan Anda saat ini, dan memilih untuk berinvestasi di kursi ergonomis, monitor yang jelas dan pencahayaan yang baik.



Contoh distress di lingkungan tubuh Anda adalah membiarkan diri Anda masuk atau tetap dalam kondisi fisik yang buruk karena sedikit atau tidak ada olahraga, kurang istirahat yang cukup, dan / atau konsumsi makanan yang kurang gizi secara berlebihan, seperti gula, lemak trans. , karbohidrat olahan, kafein, alkohol, nikotin, atau zat berbahaya lainnya dengan mengorbankan makanan kaya nutrisi.

Contoh eustress di lingkungan tubuh Anda akan memilih untuk membentuk dan mempertahankan kebiasaan olahraga teratur, istirahat yang cukup, konsumsi makanan kaya gizi dan menghindari makanan miskin gizi, dan memilih untuk tidak memasukkan zat berbahaya lainnya ke dalam tubuh Anda.

Contoh distress di lingkungan mental Anda adalah memusatkan perhatian pada alasan Anda untuk merasa marah, kesal dan / atau bersalah tentang apa yang telah terjadi di masa lalu dan memikirkan semua hal buruk yang bisa salah di masa depan yang berada di luar jangkauan Anda. kontrol seperti berikut: "Dia sengaja melakukan itu!" "Dia tidak peduli siapa yang dia sakiti!" "Dia menipu saya!" "Dia berbohong padaku!" "Itu tidak adil!" "Aku tidak akan pernah memaafkan diriku sendiri!" "Aku sangat malu!" "Saya sangat terhina!" "Mereka tidak akan pernah memaafkanku!" "Aku tidak akan pernah memaafkan mereka." "Apa yang akan saya lakukan jika ...?" "Aku tidak akan pernah bisa bertahan jika..."

Contoh eustress di lingkungan mental Anda adalah fokus pada alasan Anda merasa puas tentang masa lalu, harmonis dengan masa kini, dan terinspirasi dan bersemangat tentang masa depan, berfokus pada apa yang Anda kendalikan, bukan apa yang berada di luar kendali Anda.
  • Anda dapat memilih untuk percaya bahwa masa lalu itu sempurna hanya karena Anda tidak dapat mengubahnya. 
  • Anda dapat memilih untuk percaya bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan dan alasan itu selalu untuk kebaikan tertinggi Anda. 
  • Anda dapat memilih untuk percaya bahwa setiap orang melakukan yang terbaik semampu mereka, dengan sumber daya yang tersedia bagi mereka. 
  • Anda dapat memilih untuk fokus pada peningkatan sumber daya (baik milik Anda maupun orang lain) daripada menyalahkan. 
  • Anda dapat memilih untuk mengambil 100% tanggung jawab atas hidup Anda. 
  • Anda dapat memilih untuk diilhami oleh tindakan mulia orang lain dan menirunya. 
  • Anda dapat memilih untuk memeriksa kembali keyakinan Anda dan menentukan apakah keyakinan itu benar-benar melayani Anda dan Anda ingin menjadi apa. 
  • Anda dapat memilih untuk melepaskan keyakinan yang tidak lagi bermanfaat bagi Anda. Anda mempercayai apa yang Anda percayai karena Anda tidak tahu apa-apa pada saat itu. Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Sekarang, Anda tahu lebih baik, dan Anda bebas memilih untuk tidak mempercayai keyakinan lama yang tidak melayani Anda lagi. 
  • Anda dapat memilih untuk mengambil keyakinan baru yang akan membantu Anda dalam perjalanan Anda menuju tujuan Anda. Itu adalah keyakinan yang tidak selalu sejalan dengan siapa Anda sekarang, melainkan dengan siapa Anda ingin menjadi. Itu pilihan Anda. 
  • Anda dapat memilih tujuan yang menginspirasi Anda untuk menyambut setiap hari baru sebagai petualangan baru, yang membuat Anda bersemangat untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari. 
  • Anda dapat memilih untuk menuliskan tujuan Anda. 
  • Anda dapat memilih untuk menciptakan afirmasi yang mendukung Anda dalam perjalanan Anda menuju tujuan Anda. 
  • Anda dapat memilih untuk membuat komitmen kepada diri sendiri dan orang lain yang akan membawa Anda lebih dekat ke tujuan Anda. 
  • Anda dapat memilih untuk mengambil tindakan positif untuk menghormati komitmen Anda. 
  • Anda dapat memilih untuk fokus pada saat ini dan pada apa yang dapat Anda lakukan sekarang untuk mendekatkan Anda ke tujuan. 
  • Anda dapat memilih untuk mengambil tindakan terilhami untuk menggerakkan Anda menuju tujuan Anda. 
  • Dan Anda bisa bertindak sekarang.

Ketidaknyamanan positif yang Anda rasakan dengan mengambil tindakan sekarang, peregangan kecil yang Anda lakukan itu menghasilkan tindakan yang terinspirasi, itulah eustress.

Eustress itu bagus. Sering-seringlah mengalaminya…

Sumber Bacaan


Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...