Tips Mengurangi Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama


Senin, 18 Januari 2016
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Tips Mengurangi Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

Sebuah penelitian yang mempelajari seseorang yang duduk terlalu lama, ternyata terkait dengan penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, kanker, obesitas dan bahkan kematian dini. Untuk itu, bagi Anda yang aktifitas rutin setiap harinya lebih dominan duduk di kursi, harus memperhatikan hal ini secara jelas. Sebab, aktifitas duduk memang sangat sulit sekali untuk dihindari, apalagi dalam kehidupan yang modern, dimana seseorang yang bekerja berhubungan dengan teknologi seperti komputer misalnya, itu sudah dipastikan harus duduk dalam waktu yang lama.

Baca Juga:

Lalu apa yang bisa kita lakukan jika duduk terlalu lama itu tidak baik untuk kesehatan kita?

Nah, bagi Anda yang memang memiliki aktifitas yang menuntut untuk duduk dalam jangka waktu lama, berikut ada beberapa tindakan kecil yang dapat Anda lakukan untuk bisa membantu mengurangi risiko buruk pada kesehatan Anda akibat duduk yang lama. Apa sajakah itu?

Tips Mengurangi Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama
sumber gambar

1. Berdiri secara teratur

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Diabetes Care menunjukkan bahwa 5 menit berdiri untuk setiap 30 menit duduk dikaitkan dengan peningkatan regulasi gula darah. Anda bisa memilih berdiri ataupun berjalan-jalan di sekitar cukup 5 menit saja. Rutinitas yang sama, berdiri selama 5 menit dari setiap 30 menit, juga dianjurkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition dan makalah Physical Activity yang diperiksa dapat melawan efek negatif dari duduk berkepanjangan.

Dr James Levine, co-direktur Mayo Clinic, juga menemukan bahwa berdiri setelah periode panjang duduk memiliki banyak efek fisiologis positif. Misalnya, dalam waktu 90 detik dari berdiri, fungsi otot dan seluler Anda yang memproses gula darah dan kolesterol diaktifkan.

Untuk mengintegrasikan istirahat berdiri reguler ke hari Anda, cobalah berdiri sambil berbicara di telepon, menunggu di kantor dokter, atau ketika Anda berada di bus. Di tempat kerja, berdiri untuk melihat di lemari arsip Anda bukan menggeser kursi Anda ke tempat itu. Banyak hal-hal yang bisa Anda lakukan di tempat kerja untuk memancing Anda berdiri..

Tapi perlu dicatat juga, bahwa berdiri untuk jangka waktu yang lama juga berbahaya bagi tubuh Anda. Lakukan saja hal yang seimbang, antara berdiri dan duduk.

2. Ambil 10 menit untuk berjalan kaki

Para peneliti dari University of Missouri School of Medicine menemukan bahwa sirkulasi darah dan fungsi pembuluh darah di kaki Anda terganggu ketika Anda duduk untuk jangka waktu yang lama. Tapi mereka juga menemukan bahwa berjalan kaki selama hanya 10 menit, setara dengan sekitar 1.000 langkah, mengembalikan aliran darah yang sehat dan fungsi pembuluh darah Anda.

Studi ini secara khusus melihat peserta yang telah duduk selama enam jam penuh. Kemudian mereka pergi untuk 10 menit berjalan kaki. Ini adalah aktivitas yang cukup untuk menangkal gangguan vaskular duduk sepanjang hari.

3. Menjaga postur duduk yang sehat

Bila Anda harus duduk, ada cara untuk memperbaiki postur tubuh dan kesehatan kembali. Esther Gokhale seseorang yang dijuluki "guru postur” yang telah mempelajari dan kuliah tentang kesehatan tulang belakang dan postur tubuh keliling dunia.

Dia telah mengidentifikasi dua dari postur terbaik untuk duduk, yang dia sebut tumpukan duduk dan peregangan duduk. Tumpukan duduk adalah ketika Anda duduk dengan pantat mencuat sedikit di belakang Anda, tapi hanya sedikit. Gokhale telah menemukan posisi ini memungkinkan napas Anda secara alami memanjang dan menetap di tulang belakang sambil duduk.

Peregangan duduk adalah cara lain untuk memanjangkan tulang belakang Anda dengan menggunakan penopang di kursi Anda, seperti handuk atau bantal. Dia mendemonstrasikan teknik ini pada video berikut:



4. Mengukur langkah Anda

Mendapatkan pedometer adalah cara terbaik untuk mempertahankan kesadaran berapa banyak Anda bergerak di siang hari. Hal ini dapat memberikan ide yang baik di mana Anda berada di saat ini dan jika Anda perlu untuk meningkatkan gerakan Anda.

Anda dapat membeli alat pedometer ini di toko atau menggunakan aplikasi pada iPhone dan Android Anda.

Rekomendasi bervariasi pada berapa banyak langkah yang harus dilakukan per hari, tergantung pada usia dan tingkat kebugaran Anda saat ini. Jika saat ini Anda mendapatkan sedikit langkah dalam per hari, tujuan yang baik adalah untuk mencoba dan berjalan sedikit lebih banyak setiap hari sampai Anda berada pada rata-arata 5.000 langkah setiap harinya. Jika Anda menjalani gaya hidup yang lebih aktif, maka cobalah untuk berada di kisaran 10.000 langkah atau lebih.

-------------
Intinya sih, keempat tips mengurangi efek buruk akibat duduk terlalu lama di atas, lebih banyak menyarankan kita untuk menyeimbangkan antara waktu duduk dan waktu berdiri ataupun bergerak. Sebab, diantara kedua aktifitas tubuh tersebut jika salah satunya tidak dilakukan maka akan dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan Anda. Terutama pada sirkulasi darah dalam tubuh kita.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


3 komentar:

  1. bahaya ini buat pekerja2 kantoran....kalo yang lapangan mungkin aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, blm tentu, kan sudah dijelaskan, byk berdiri jg buruk utk kesehatan. Jd intinya antara duduk dan berdiri atau bergerak itu hrs seimbang.

      Hapus
  2. Hmmm, berdiri terus jg tdk baik ya mas.. berarti kalo kerja di garmen atau di toko2 gitu kan berdiri tuh.. musti kebalikannya ya

    BalasHapus

Recomended For You:

loading...
loading...