Solusi Alami Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rambut


Sabtu, 20 Februari 2016
Label: , , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Solusi Alami Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut yang hitam, lebat, dan panjang. Itu mungkin dambaan semua wanita. Tapi tidak sedikit juga para pria yang menginginkannya. Rambut memang mahkota di kepala. Peranannya selain dapat menambah daya tarik tersendiri, juga melindungi kepala kita tentunya. Namun apa jadinya jika kita memiliki rambut yang tidak sehat, sering rontok, kusam, dan terlihat jarang. Tentu berbagai macam cara pun dilakukan.

Baca Juga:

Rambut rontok sangat berpengaruh pada rasa percaya diri kita. Ada yang berpendapat bahwa rambut rontok itu berhubungan dengan faktor genetika, tapi perlu diketahui ada faktor-faktor lainnya yang juga turut mempengaruhi, diantaranya: ketidakseimbangan hormon, kelenjar tiroid yang kurang aktif, kekurangan gizi dan sirkulasi kulit kepala tidak cukup.

Nah, jika Anda saat ini sedang mengalami masalah pada rambut. Berikut adalah beberapa solusi alami yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

Solusi Alami Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
sumber gambar

1. Herbal saw palmetto
Sebuah studi dalam Journal of Alternative dan Complementary Medicine melaporkan bahwa saw palmetto (Serenoa repens) dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria. Pertumbuhan rambut meningkat pada pria yang menggunakan 400 mg ekstrak standar dari saw palmetto dan 100 mg beta-sitosterol (dari saw palmetto) setiap hari. Secara historis, saw palmetto telah lama digunakan oleh herbalis untuk mengatasi rambut rontok pada pria dan wanita.

2. Mengurangi asupan daging
Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab utama rambut rontok. Peneliti dari Jepang telah mengungkapkan tentang adanya hubungan antara produksi sebum yang berlebihan di kulit kepala terkait dengan tingkat tinggi 5-alpha reductase. Penelitian mereka menunjukkan bahwa asupan lemak hewan dapat meningkatkan produksi sebum.

3. Dapatkan cukup asam lemak esensial
Asam lemak esensial bisa diperoleh dari kenari, biji rami, ikan dan alpukat juga penting untuk kesehatan rambut.

4. Kurang aktif kelenjar tiroid (hipotiroidisme) dapat menyebabkan rambut menipis
Mengatasi hal ini cukup tambahkan sayuran laut seperti rumput laut, nori, dulse, kombu dan wakame, yang semuanya kaya yodium dapat membantu untuk menyeimbangkan kondisi ini. Hindari minum air keran karena biasanya mengandung fluor dan klor, dua bahan kimia yang menghambat penyerapan yodium. Anda juga mungkin ingin melengkapinya dengan 100 mg atau 1 mL dari ramuan bladderwrack (fokus vesiculosus) setiap hari.

5. Tingkatkan produksi keratin dengan MSM
Methylsulfonylmethane (MSM) dapat membantu dalam produksi keratin (protein pada rambut) saat melakukan tugas ganda untuk memperkuat folikel rambut. Dalam satu studi 100 persen orang yang dilengkapi dengan MSM menunjukkan rambut rontok berkurang dan meningkatkan pertumbuhan hanya dalam enam minggu.

6. Tingkatkan bioton
Biotin dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Diet sumber biotin meliputi: kacang-kacangan, beras merah dan gandum.

7. Tingkatkan produksi kolagen dengan vitamin C
Temukanlah cara dapat meningkatkan kolagen untuk rambut lebih kuat dan lebih sedikit keriput. Kolagen mengelilingi helai rambut tapi kolagen akan rusak seiring usia yang kita yang bertambah tua, sehingga menyebabkan rambut menjadi lebih rentan. Cara terbaik untuk meningkatkan kolagen bukan melalui beberapa prosedur medis yang mahal, melainkan dengan mendapatkan lebih banyak vitamin C. Makanan tinggi vitamin C antara lain: buah jeruk, stroberi dan paprika merah. Melengkapi dengan 250 mg setiap hari dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang memiliki bonus tambahan untuk mengurangi kerutan atau keriput.

8. Meremajakan folikel rambut dengan vitamin B-kompleks
Cukup 100 mg setiap hari dari suplemen B-kompleks yang mencakup biotin dan vitamin B6 dapat mengurangi penipisan rambut dengan meningkatkan sirkulasi kulit kepala dan meremajakan folikel rambut.

9. Makan makanan yang kaya zat besi
Zat besi juga penting untuk pertumbuhan rambut dan dapat ditemukan di sirup gula molasses, sayuran berdaun hijau, daun bawang, kacang mete, buah-buahan kering, buah ara, dan buah beri. Untuk membantu tubuh Anda menyerap zat besi, Anda harus cukup vitamin C.

10. Mencegah kerusakan rambut dengan vitamin E
Vitamin E diperlukan untuk menyehatkan rambut rusak dan untuk mencegah kerusakan. Hal ini membantu kemampuan tubuh untuk memproduksi keratin dalam helai rambut yang dapat mengurangi kerusakan. Untuk itu lengkapi dengan 400 IU vitamin E dapat membantu rambut rusak Anda pulih kembali.

11. Meningkatkan sirkulasi kulit kepala dengan minyak esensial rosemary
Minyak esensial Rosemary telah lama digunakan secara tradisional untuk meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala. Tambahkan beberapa tetes per sendok atau lebih ke dalam sampo, lebih baik lagi jika ditambahkan beberapa tetes rosemary minyak kelapa dan pijat kulit kepala Anda secara teratur.

12. Berikan rambut Anda dorongan mineral
Mineral silika dan zinc juga penting untuk pertumbuhan rambut. Ambil 500 mg silika dua kali sehari dan 30 mg zinc sekali sehari.

-------
Nah, itulah dua belas solusi alami untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika ada yang alami, ngapain pilih yang kimia, yang nantinya berisiko efek samping bahan kimia yang bisa berbahaya. Bukan menjadi solusi malah menjadi tambah parah.

Yuk, kembali ke alam untuk perawatan rambut lebih alami.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Recomended For You:

loading...
loading...