Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Makanan Manis


Selasa, 03 Mei 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

Apakah Anda salah satu dari penggemar makanan yang manis-manis, seperti donat, cookies, dan permen? Jika iya, Anda wajib melakukan beberapa hal yang dapat membantu mengontrol keinginan tersebut. Ingatlah bahwa kebiasaan makan Anda yang lebih cenderung memilih makanan yang manis dapat membawa Anda ke ujung bahaya terhadap timbulnya berbagai macam penyakit. Untuk itu mulai sekarang juga Anda harus mengontrolnya.

Perlu dicatat, semakin banyak penelitian yang mengaitkan konsumsi gula untuk banyak masalah kesehatan yang serius. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard School of Public Health menemukan bahwa kalori dari gula ditambahkan dalam diet seseorang dikaitkan dengan peningkatan risiko yang signifikan dari kematian akibat penyakit jantung.

Baca Juga:

Studi ini juga menemukan bahwa semakin tinggi asupan tambahan gula (terutama dari minuman manis), semakin tinggi risiko kenaikan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, lemak perut dan tekanan darah tinggi. Seolah-olah itu tidak cukup buruk, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Cancer Research juga menemukan bahwa asupan gula sebanding dengan Amerika Diet Standard menyebabkan peningkatan pertumbuhan tumor kanker payudara dan metastasis, bila dibandingkan dengan diet non-gula.

Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Makanan Manis
sumber gambar

Tapi bagaimana jika keinginan untuk memakan yang manis-manis itu susah dihilangkan? Setidaknya terapkanlah beberapa hal berikut ini:

1. Pilihlah makanan ringan yang menyehatkan (snack)

Makanlah snack sehat setiap 2 sampai 3 jam untuk membantu menstabilkan kadar gula darah Anda. Idealnya, makanan ringan Anda harus tinggi protein, lemak sehat atau serat karena semua senyawa gizi ini mengatur kadar gula darah dan efek yang menghasilkan keinginan untuk makan makanan manis. Pilih beberapa snack terbuat dari almond, batang seledri dengan mentega almond, yogurt kelapa dan biji bunga matahari atau pilihan lain makanan ringan yang sejenis.

2. Hindari makanan cepat saji dan dikemas

Sebagian besar makanan cepat saji mengandung sejumlah besar gula yang tersembunyi, yang menyebabkan peningkatan pesat dalam kadar gula darah diikuti oleh penurunan tajam. Keinginan untuk makan yang manis-manis adalah hasil dari penurunan ini dalam gula darah, tetapi hal buruk yang dapat Anda lakukan adalah makan lebih banyak gula. Jika Anda melakukannya, Anda akan segera menemukan diri Anda pada rollercoaster gula darah dan perubahan suasana hati yang terkait, hilangnya energi dan semakin mengidam gula. Kebanyakan saus, bumbu dan makanan kemasan juga menyajikan masalah yang sama dan sebaiknya dihindari sebisa mungkin.

3. Tambahan suplemen Saffron dan kunyit

Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis Antioksidan di Swiss menemukan bahwa kunyit mengandung dua senyawa yang dikenal sebagai crocetin dan crocin yang dapat meningkatkan kembali metabolisme tubuh. Tampaknya juga bekerja dengan mengatur jalur otak yang dikenal sebagai "Feed-Feedback Cycle" yang mengurangi keinginan seseorang untuk ngemil dan makan permen. Crocetin bahkan telah terbukti mengurangi resistensi insulin (kondisi di mana tubuh tidak lagi merespon dengan baik terhadap senyawa alami yang disekresikan oleh pankreas dalam menanggapi gula) yang disebabkan oleh beberapa obat. Saffron (Crocus sativus) bahkan dipuji-puji oleh para peneliti gizi sebagai obat anti-obesitas alami, karena membantu mengatasi prekursor serius dengan obesitas.

Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Makanan Manis
Saffron (Crocus sativus) | sumber gambar

4. Cegah kekurangan Kromium

Sebuah keinginan yang kuat untuk makan yang manis-manis dapat menunjukkan kekurangan kromium. Makanan sumber kromium meliputi: sayuran berdaun, kacang-kacangan, kentang dan sereal gandum serta roti. Kromium juga ditemukan dalam tebu, sayangnya, industri gula menghapus semua mineral ini dan banyak mineral lainnya selama pengolahan tanaman ini untuk membuat gula. Bahkan gula merah biasanya terbuat dari gula putih dengan tambahan molases cenderung memiliki sedikit atau tidak ada kromium sama sekali. Selain itu, makan makanan manis bukanlah cara yang baik untuk mendapatkan kromium karena makanan ini cenderung menguras sumber kromium tubuh selama proses pencernaan mereka. asupan makanan yang dianjurkan kromium adalah 120 mikrogram; Namun, banyak ahli gizi yang merekomendasikan 200-290 mikrogram setiap harinya.

--------
Yang serba manis belum tentu menghasilkan hal-hal yang manis. Seperti halnya makanan manis, jika terlalu banyak dikonsumsi dampaknya bukanlah hal yang baik, akan tetapi berbagai macam penyakit akan menghampiri tubuh Anda. Mulai sekarang juga kurangilah keinginan untuk memakan makanan yang manis, selain itu juga tidak baik untuk kesehatan gigi.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...