Makanan Terbaik Untuk Membersihkan Organ Hati


Sabtu, 30 April 2016
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Makanan Terbaik Untuk Membersihkan Organ Hati

Di samping otak Anda, hati Anda mungkin organ yang paling banyak bekerja di dalam tubuh Anda. Organ yang kuat ini, duduk tepat di bawah tulang rusuk pada sisi kanan tubuh Anda, memiliki sekitar 500 fungsi mulai dari penyaringan zat beracun di darah kita, untuk mengurangi hormon stres berlebih dan kolesterol, memastikan pencernaan yang kuat dan bahkan menyaring kelebihan obat-obatan.

Karena ia bekerja tanpa kenal lelah, maka ia juga membutuhkan banyak nutrisi dan makanan pendukung untuk tetap dapat berfungsi secara optimal.

Baca Juga:

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan terbaik yang dapat mendukung kesehatan hati Anda:

1. Buah Bit

Bit diibaratkan sebagai rumah gizi mengandung zat yang dikenal sebagai betaine sangat penting untuk pencernaan yang sehat, salah satu dari banyak fungsi hati adalah memastikan pencernaan yang sehat. Bit dapat menguatkan hati, membersihkan dan membangunnya. Nikmati bit parut mentah dalam salad atau sandwich. Bit uap ataupun panggang juga baik digunakan dalam sup, semur dan di atas salad.

Makanan Terbaik Untuk Membersihkan Organ Hati
sumber gambar

2. Alpukat

Sebuah penelitian tentang alpukat diterbitkan dalam jurnal medis Hepatobiliary Surgery and Nutrition menemukan bahwa sekelompok senyawa yang ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran yang dikenal sebagai karotenoid dapat membantu melindungi dan mengobati penyakit non-alkohol lemak-hati (NAFLD / non-alcoholic fatty-liver disease). NAFLD telah dikaitkan dengan obesitas, diabetes tipe 2 dan kondisi kesehatan serius lainnya.

Alpukat juga mengandung sejumlah kecil dari karotenoid, yang telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan penyerapan karotenoid mulai dari 2 sampai 6 kali ketika dimakan bersama sumber yang kaya nutrisi, seperti tomat, wortel, labu, dan banyak lainnya terutama buah dan sayur yang berwarna orange dan hijau gelap. Lemak sehat yang ditemukan pada alpukat juga mengurangi peradangan dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung, diabetes, arthritis dan banyak kondisi serius lainnya. Gunakan alpukat di tempat mentega pada roti atau sandwich. Menambahkannya di atas salad atau sebagai saus salad krim. Atau sesuka Anda.

3. Biji Rami dan Minyak Biji Rami

Dapat mengikat reseptor hormon, mencegah kelebihan hormon (termasuk sintetis xenoestrogens, bahan kimia yang meniru estrogen dalam tubuh berasal dari plastik dan sumber-sumber lain) dari mengambang di aliran darah Anda. Salah satu dari 500 pekerjaan hati adalah untuk menyaring kelebihan hormon ini. Biji rami dan minyak biji rami dapat membantu meningkatkan efisiensi hati dalam hal ini. Taburkan biji rami pada sereal, roti panggang, salad atau dicampur ke dalam makanan lainnya. Gunakan minyak biji rami sebagai dasar untuk salad dressing buatan sendiri, bersama dengan beberapa jus lemon atau cuka sari apel.

4. Dandelion Hijau

Dandelion hijau adalah makanan pembersih hati paling diabaikan. Mereka mengandung banyak senyawa pahit yang membantu membersihkan hati dan meningkatkan fungsinya. Pilih dandelion yang masih hijau muda karena mereka lebih enak daripada yang lebih matang. Juga, memilih dandelion hijau jauh dari daerah lalu lintas tinggi atau daerah yang telah disemprot dengan pestisida kimia. Anda dapat menguapnya, menumisnya atau membuatnya menjadi jus sayuran. Bisa juga ditumis dengan bawang putih cincang, minyak zaitun dan menaruh atasnya dengan beberapa jus lemon segar dan sejumput garam laut. Coba deh...

5. Kunyit

Bumbu yang satu ini merupakan obat super kuat untuk hati. Kunyit adalah sumber tertinggi dikenal dari beta karoten, yang membantu melindungi hati dari kerusakan radikal bebas. Dalam jurnal medis Oxidative Medicine and Cellular Longevity, peneliti menemukan bahwa kurkumin, senyawa alami dalam kunyit, bisa melindungi hati terhadap cedera akibat alkohol. Curcumin juga ampuh sebagai anti-inflamasi.

Makanan Terbaik Untuk Membersihkan Organ Hati
sumber gambar

6. Lemon

Senyawa limonene yang ditemukan dalam lemon dapat meningkatkan produksi glutathione tubuh Anda, nutrisi penting dalam detoksifikasi hati yang membantu memastikan racun dinetralkan sebelum mereka dapat merusak sel-sel tubuh. Tambahkan lemon segar untuk air minum Anda, di atas salad, ke dalam sup sayuran. Perlu diingat bahwa limonene ini terutama ditemukan dalam kulit lemon, maka disarankan untuk membeli lemon organik dan parut sejumlah kecil kulitnya lalu menambahkannya ke dalam salad Anda, pada sup ataupun dipanggang.

---------
Keenam makanan super di atas merupakan makanan yang terbaik untuk membersihkan organ hati Anda, ingatlah bahwa fungsi kerja hati sangatlah berat, untuk itu berikanlah makanan yang terbaik untuknya.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...