Obat Alami Untuk Kaki dan Pergelangan Kaki Bengkak


Jumat, 15 September 2017
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Obat Alami Untuk Kaki dan Pergelangan Kaki Bengkak

Bengkak yang terjadi di kaki dan pergelangan kaki Anda disebut sebagai edema, dan ada banyak hal yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi, mulai dari tekanan darah tinggi sampai kehamilan. Apa yang terjadi adalah tubuh Anda mengalami kesulitan dalam melawan gravitasi untuk memindahkan darah dan cairan kembali ke kaki Anda, sehingga pergelangan kaki, betis, dan kaki Anda mulai membengkak.

Baca Juga:

Edema sendiri sebenarnya tidaklah berbahaya, tapi hal ini tentu akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Apalagi jika Anda melihat satu kaki Anda membengkak, atau wajah Anda juga membengkak, tentu tidak akan membuat Anda merasa nyaman untuk keluar rumah. Anda memang perlu untuk menghubungi dokter Anda, karena penyebabnya bisa jadi akibat bekuan darah, dan Anda tidak ingin menunggu lama untuk mengatasinya.

Obat Alami Untuk Kaki dan Pergelangan Kaki Bengkak
sumber gambar

Cara yang terbaik untuk mengobati pembengkakan adalah dengan mengobati pada bagian akar penyebabnya. Jika kaki Anda membengkak karena kehamilan, maka akan hilang tidak lama setelah Anda melahirkan. Oleh karena itu, konsultasikan hal ini dengan dokter Anda untuk mengetahui apa penyebab pembengkakan yang Anda alami tersebut.

Namun, selain Anda harus segera menghubungi dokter, berikut ada beberapa tips atau cara alami yang dapat Anda lakukan sebagai langkah awal sebelum melangkah ke dokter, siapa tahu bisa menjadi obat bagi pembengkakan yang terjadi.

1. Cobalah suplemen magnesium

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan edema, dan mengambil suplemen dapat membantu memberi Anda sedikit rasa lega. Sebagian besar rekomendasi yang pernah saya lihat adalah 200mg dua kali sehari, tapi jika Anda saat ini posisinya sedang hamil, Anda harus membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter Anda. Rekomendasi untuk ibu hamil adalah 350mg per hari, dan dokter Anda mungkin tidak ingin Anda mengkonsumsi 400mg ekstra, karena Anda mungkin juga mendapatkan magnesium dalam vitamin prenatal dan makanan Anda.

Pada usia enam bulan kehamilan, disarankan dari yang berpengalaman, konsumsi 250 mg magnesium di malam hari, dan rasakan perbedaan pembengkakan yang Anda alami.

2. Lakukan sedikit Yoga

Olahraga dapat membantu memperbaiki sirkulasi tubuh Anda, dan yoga adalah cara yang bagus untuk bergerak dan benar-benar fokus pada sistem peredaran darah. Ada banyak pose yoga yang bisa Anda lakukan, silahkan untuk lebih jelasnya, hubungi pakar yoga terdekat di daerah Anda.

Tentu saja, Anda juga harus membicarakan hal ini dengan dokter Anda sebelum memulai yoga, terutama jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Jika Anda benar-benar baru dalam yoga, saya sangat menyarankan untuk mengikuti kelas Yoga. Instruktur yoga tidak hanya dapat membantu Anda mengatasi keragu-raguan yang Anda alami tentang yoga, tapi dia juga akan memastikan Anda melakukan pose dengan benar dan bahkan bisa menyarankan postur tambahan untuk membantu edema Anda! Begitu Anda mengetahui pose apa yang terbaik untuk Anda, maka Anda bisa berlatih di rumah.

3. Ambil beberapa minyak esensial jeruk bali

Mandi air hangat juga bisa membantu pembengkakan, dan Anda bisa memberi dorongan air itu dengan beberapa tetes minyak esensial jeruk bali! Anda juga bisa mengisi ember dengan air hangat yang bagus untuk berendam.

Jika mandi bukan hobi Anda, Anda juga bisa mencampur beberapa tetes minyak jeruk bali (grapefruit) dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak almond manis dan memberi sedikit pijatan pada kaki dan pergelangan kaki Anda. Saat Anda menggosok kaki, pergelangan kaki, dan betis, fokuskan tekanan ke atas, bukan ke bawah atau dalam gerakan melingkar.

4. Rendam dalam air tonik

Yang ini mungkin terdengar agak aneh, tapi berendam dalam suhu kamar, atau dingin, ternyata juga turut membantu dalam hal mengatasi kaki bengkak, jika tidak terlalu nyaman, maka menggunakan air tonik juga bisa membantu pembengkakan. Cukup merendam kaki Anda yang bengkak, maka Anda bisa merasakan sendiri hebatnya air tonik ini.

5. Meninggikan posisi kaki

Gravitasi bukanlah teman Anda saat berhubungan dengan edema, jadi angkat kaki Anda setiap kesempatan yang Anda dapatkan! Saat Anda sedang bersantai di malam hari, angkat kaki Anda di atas bantal. Idealnya, kaki Anda harus berada di atas jantung Anda.

Obat Alami Untuk Kaki dan Pergelangan Kaki Bengkak
sumber gambar

Jika Anda bekerja di tempat kerja, cobalah menemukan cara untuk menopang kaki Anda di atas meja kerja Anda. Bahkan mengangkat sedikit bisa membuat perbedaan besar dalam pembengkakan Anda seiring berlalunya hari.

6. Rendam dalam air garam

Selain berendam dalam air tonik, air garam ternyata juga turut membantu. Tambahkan dosis garam Epsom yang sehat ke bak mandi merupakan cara lain untuk mengatasi kaki bengkak. Seperti minyak grapefruit, Anda juga bisa menggunakan ember, jika Anda hanya mengalami pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki Anda. Jika betis Anda membengkak juga, mandi mungkin merupakan taruhan terbaik Anda. Garam epsom bisa diibaratkan seperti sihir bagi bengkak. Sesekali mandi air garam setelah Anda berjalan sangat lama juga dapat membantu otot menjadi jauh lebih rileks dan menyegarkan.

7. Minum air

Kelebihan garam adalah penyumbang besar pembengkakan, dan meningkatkan asupan cairan Anda dapat membantu mencairkan garam di sistem tubuh Anda. Usulkan untuk 8-10 gelas air per hari untuk membersihkannya. Cobalah membuat air ketimun-lemon! Jatuhkan beberapa mentimun dan irisan lemon di gelas Anda, dan nikmatilah! Kedua buah ini, baik ketimun maupun lemon ternyata memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu meringankan pembengkakan.

Nah, itulah 7 obat alami yang dapat anda coba untuk meringankan kaki bengkak Anda di rumah. Sebenarnya masih banyak cara alami lainnya. Anda bisa tanyakan hal ini kepada dokter atau pakar herbal lainnya.

Memiliki kaki yang bengkak memang sangat menyiksa, apa lagi untuk berjalan.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...