Hindari Hal Ini, Jika Tidak Ingin Sembelit Anda Bertambah Buruk


Kamis, 27 Juni 2019
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Hindari Hal Ini, Jika Tidak Ingin Sembelit Anda Bertambah Buruk

Sembelit itu tidaklah nyaman dan kadang-kadang bahkan menyakitkan. Meskipun kemungkinan Anda tahu beberapa solusi alami untuk mengatasi sembelit, namun, obatnya mungkin tidak menawarkan bantuan jika Anda melakukan kesalahan yang malah memperburuknya.

Perhatikan bahwa sembelit Anda dapat bertahan bahkan ketika Anda tidak melakukan kesalahan ini. Terkadang sembelit adalah tanda kondisi kesehatan yang serius, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS/irritable bowel syndrome) atau divertikulosis. Temui dokter segera jika hal ini bertahan lebih dari dua minggu.

Baca Juga:

Nah, untuk dapat membantu meringankan sembelit Anda dengan cepat, maka Anda harus menghindari hal-hal berikut ini:

Hindari Hal Ini, Jika Tidak Ingin Sembelit Anda Bertambah Buruk
sumber gambar

1. Berdiam Diri Atau Mengurangi Gerak

Tetap berada di posisi tidak aktif karena sembelit adalah kesalahan besar. Saya mengerti bahwa sembelit yang parah bisa membuatnya tidak nyaman untuk bergerak, tetapi Anda harus mendorong diri sendiri untuk terus bergerak.

Olahraga membantu fungsi sistem pencernaan Anda secara optimal. Anda tidak perlu melakukan latihan yang panjang dan intens. Bahkan jalan-jalan pendek atau latihan di rumah pun sangat membantu.

2. Makan Makanan Olahan

Sembelit Anda bisa berubah menjadi mimpi buruk jika Anda mengonsumsi makanan olahan. Kerupuk, pasta, dan roti memperlambat pencernaan, yang memperburuk konstipasi.

Selain itu, makanan olahan juga sering mengandung fruktan, yang dapat mengganggu proses pencernaan alami.

Sebagian besar makanan olahan juga tinggi sodium, sehingga menurunkan kadar air dalam tinja.

3. Obat pencahar yang berlebihan

Obat pencahar mungkin tampak seperti solusi cemerlang untuk sembelit Anda, tetapi menggunakannya terlalu sering dapat memiliki efek sebaliknya. Mengandalkan mereka untuk buang air besar sepanjang waktu dapat memperburuk konstipasi.

Gunakan obat pencahar secara hemat. Lebih baik menggunakan metode yang terbukti ampuh menghilangkan sembelit seperti minum banyak air dan meningkatkan asupan serat Anda.

4. Mengambil Kalsium atau Suplemen Besi

Sebaiknya Anda hanya mendapatkan kalsium dan zat besi dari makanan saja saat Anda mengalami konstipasi. Sebab, mineral-mineral ini bisa mengganggu kontraksi sistem pencernaan Anda.

Faktanya, mendapatkan mineral ini dari sumber vegan juga akan menawarkan banyak serat, yang memudahkan sembelit. Cari sumber kalsium vegan dan sumber zat besi yang sangat baik ini.



5. Mengambil Obat Resep Tertentu

Sebagian besar obat tekanan darah dapat memperburuk konstipasi Anda, karena obat ini bersifat diuretik. Mereka mengeluarkan air dari tubuh Anda, sehingga sulit untuk menjaga feses tetap lunak. Menggunakan antasida untuk melawan mulas juga dapat memperburuk konstipasi, terutama jika mengandung aluminium dan kalsium. Antidepresan juga bisa bermasalah.

Jika Anda merasa obat Anda menyebabkan sembelit, bicarakan dengan dokter Anda apakah Anda dapat melakukan penyesuaian terhadap obat itu.

6. Makan Cokelat

Makan beberapa batang cokelat tidak akan memperbaiki ketidaknyamanan Anda. Bahkan, itu bisa memperburuknya. Menurut penelitian, banyak orang dengan sembelit dan IBS mengatakan cokelat dapat memicu gejala mereka.

Para peneliti tidak yakin mengapa hal ini bisa terjadi, tetapi bahan-bahan seperti susu dan kafein mungkin bisa disalahkan.

7. Mengkonsumsi Susu Terlalu Banyak

Anda mungkin tahu bahwa diet tinggi susu dapat menyebabkan sembelit dengan memperlambat pencernaan Anda. Janganlah makan keju, yogurt, dan produk susu lainnya saat Anda sedang sembelit.

Hindari juga makanan hewani lain, makanan seperti telur dan daging, dan pilihlah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan serta biji-bijian yang kaya serat.

Jika Anda benar-benar tidak dapat melakukannya tanpa produk susu, gunakan alternatif bebas laktosa.

--------
Akan sangat mudah bagi Anda untuk mengalahkan sembelit jika Anda menghindari kesalahan-kesalahan tersebut di atas dan memanfaatkan solusi alami untuk sembelit.

Semoga bermanfaat!

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. Artikel yg sangat bagus dan membantu sy mengatasi sembelit 👍

    BalasHapus

Recomended For You:

loading...
loading...