Makanan Tidak Biasa Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung


Sabtu, 06 Juli 2019
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Makanan Tidak Biasa Ini Ternyata Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar atau membaca dari artikel-artikel di internet yang berseliweran menunjukan daftar menu makanan sehat untuk jantung. Dan tentunya makanan-makanan tersebut memang makanan yang sudah terbiasa kita makan, atau bahkan ada juga yang cukup membosankan karena seringkali kita menemukannya dalam menu harian kita, contohnya saja minyak zaitun, ikan, sayuran, dan sebagainya.

Baca Juga:

Sudah sangat jelas, makanan tersebut pasti menyehatkan. Namun, tidakkah Anda tahu bahwa ada makanan lain yang bisa Anda coba. Sayangnya beberapa dari makanan ini mungkin ‘hal yang tidak biasa’ atau bahkan ahli gizi pun mengatakan mereka tidak sehat. Lho, kenapa demikian, kenapa dibilang tidak sehat tapi kok malah dikatakan menyehatkan untuk jantung.

Itu karena penelitian mengatakan lain. Beberapa makanan berikut ini memang mengejutkan kita, karena menurut penelitian jika dikonsumsi secara tepat, maka ia akan dapat meningkatkan kesehatan jantung kita. Nah, apa sajakah itu?

Makanan Tidak Biasa Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung
Wine sehat untuk jantung? sumber gambar

1. Bir

Mendengar kata ‘bir’ pasti Anda akan menggelengkan kepala. Yup, bagi sebagian besar orang tentu sudah mengetahui bahwa minuman ini tidaklah sehat karena alkoholnya. Namun, beberapa penelitian baru-baru ini mengatakan bahwa minum segelas anggur sehari itu baik untuk jantung Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa bir, anggur, dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda saat dikonsumsi dalam jumlah yang sedang. Menurut berbagai penelitian, satu gelas bir sehari cukup untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Peringatan: Waspadalah bahwa lebih banyak tidak lebih baik. Minum lebih dari satu gelas bir sehari dapat secara dramatis meningkatkan risiko penyakit jantung. Itu menurut penelitian. Percaya atau tidaknya, terserah Anda. Saya tidak mengajak Anda untuk meminumnya.

2. Kopi

Beberapa orang sangat percaya bahwa kopi buruk bagi jantung. Jika Anda salah satu dari orang-orang itu, maka kedua studi di bawah ini akan mengubah pikiran Anda.

Menurut penelitian ini, kopi meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan peradangan. Perubahan-perubahan ini dapat menjaga jantung Anda tetap sehat dan bahkan menurunkan risiko diabetes.

Sebuah tinjauan dari berbagai penelitian yang menyelidiki hubungan antara kopi dan gagal jantung juga menemukan bahwa minum kopi sebenarnya baik untuk jantung. Laporan itu mendapati bahwa empat porsi sehari menawarkan manfaat yang optimal. Catat ya, cukup 4 porsi.

3. Selai kacang

Kami telah dituntun untuk percaya bahwa makanan yang enak dan lezat tidak sehat tetapi tidak demikian halnya dengan selai kacang.

Ya, ia memiliki kandungan lemak tinggi tetapi penelitian menunjukkan itu bagus untuk jantung Anda. Bahkan dapat membantu Anda mengurangi rasa lapar berkat kandungan lemaknya yang tinggi. Tetapi konsumsilah dalam jumlah sedang jika Anda mencoba menurunkan berat badan karena satu sendok makan saja mengandung 94 kalori.

Menurut penelitian ini, makan selai kacang dapat membantu melindungi jantung Anda seperti halnya memakan kacang. Saya sarankan memasangkannya dengan buah-buahan seperti apel untuk meningkatkan kesehatannya.



4. Telur

Telur difitnah begitu lama sehingga beberapa orang masih takut pada mereka. Tapi Anda tidak perlu takut pada mereka lagi. Telur menawarkan manfaat luar biasa yang didukung oleh sains.

Banyak penelitian membuktikan bahwa telur tidak meningkatkan kolesterol darah. Menariknya, penelitian ini menemukan bahwa orang yang makan 3 butir sehari dapat meningkatkan kolesterol HDL tetapi kolesterol LDL (buruk) tidak meningkat setelah 12 minggu.

Perlu juga dicatat bahwa telur menawarkan vitamin B dan vitamin D, yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

5. Cokelat Hitam

Kemungkinan Anda pernah mendengar ahli gizi merekomendasikan cokelat hitam karena sifat antioksidannya yang kuat.

Nah, flavonol dalam cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembekuan darah. Saat membeli, pastikan yang mengandung lebih dari 70 persen kakao.

6. Cabai

Membumbui makanan Anda dengan cabai dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan berbagai cara.

Penelitian menunjukan bahwa capsaicin, senyawa dalam cabai ini telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi pembentukan plak. Capsaicin juga dapat meningkatkan sirkulasi dengan memblokir gen yang mengganggu aliran darah ke jantung dan organ lainnya.

--------
Nah, itulah beberapa makanan yang ‘tidak biasa’ terbukti melalui penelitian dapat meningkatkan kesehatan jantung jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan.

Sumber Bacaan


Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...