Obati Sakit Punggung Dengan Tanaman Comfrey


Selasa, 28 April 2015
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Obati Sakit Punggung Dengan Tanaman Comfrey
Siapapun jika terserang nyeri punggung, rasanya pasti membuat badan kaku dan betapa sulitnya untuk mendapatkan bantuan yang dapat menghilangkan sakitnya dalam sekejap. Namun, perlu diketahui, ada obat herbal asal Amerika yang dapat membantu sakit punggung Anda.

Menurut sebuah penelitian di jurnal Phytotherapy Research. Penduduk asli Amerika membuat salep atau minyak dari herbal yang kita kenal dengan nama comfrey, (atau Symphytum officinale, di Jawa lebih dikenal dengan nama Komring). Tanaman herbal ini ternyata mampu mengobati memar, keseleo, nyeri, dan luka-luka. Jurnal medis menemukan bahwa aplikasi topikal minyak comfrey atau salep dapat meringankan sakit punggung baik yang bersifat otot ataupun sendi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman comfrey dapat meredakan baik rasa sakit dan peradangan. Tanaman ini berisi beberapa konstituen kimia yang mungkin bertanggung jawab untuk mengurangi rasa sakit dan inflamasi. Asam Rosmarinic ditemukan secara signifikan mengurangi peradangan, sementara glycopeptide juga ditemukan dalam ramuan itu untuk menghambat prostaglandin yang berbeda terkait dengan nyeri. Allantoin juga ikut bertanggung jawab untuk menghilangkan nyeri. Yang jelas, tanaman ini mengandung banyak bahan yang berkaitan dengan melawan rasa sakit.

Obati Sakit Punggung Dengan Tanaman Comfrey

Obati Sakit Punggung Dengan Tanaman Comfrey

Minyak Comfrey dan salep juga telah berhasil digunakan oleh dukun selama bertahun-tahun dalam pengobatan sakit punggung, otot atau nyeri sendi, arthritis, memar, dan luka-luka. Tanaman herbal ini juga dikenal sebagai "knitbone". Anda mungkin dapat memahami mengapa rempah-rempah telah digunakan secara tradisional untuk mengobati patah tulang dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan tulang.

Baca Juga:

Untuk mendapatkan tindakan anti-inflamasi dan analgesik dari comfrey, pilihlah salep atau minyak dengan 10% dari bahan-bahan aktif dari daun comfrey (atau paket mungkin menyatakan "bagian aerial tanaman"). Atau, beberapa produk mengandung 5 sampai 20% dari herbal kering. Jangan melebihi penggunaan yang dianjurkan. Dan periksa terlebih dulu dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Saya tidak menyarankan menggunakan tanaman ini secara internal (jangan diminum) karena dapat menjadi racun bagi hati dalam dosis jangka panjang maupun dosis besar, atau untuk orang-orang dengan kerusakan hati yang sudah ada. Terapkanlah produk hanya dibagian area yang terluka atau sakit beberapa kali sehari sampai Anda mengalami perbaikan gejala atau sampai luka telah sembuh.

Obati Sakit Punggung Dengan Tanaman Comfrey

Selain untuk pengobatan rasa sakit di punggung, daun comfrey juga berguna untuk pupuk organik. Ambil beberapa daun (masing-masing daun agak besar) lalu rendam dalam air di ember biarkan selama beberapa minggu. Setelah itu baru siramkan ke tanah sebagai pupuk, sebab air rendaman daun comfrey ini sudah mengandung mineral penting bagi kesuburan tanah.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


13 komentar:

  1. tanamannya masih asing mas ditelinga saya, tapi boleh juga buat dishare sama orang yang suka sakit punggung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, memang ini herbal asli dari Amerika, tp sudah mulai menyebar kok di Jawa, di China juga ada.. malah saya juga pernah melihatnya di daerah saya, dari bentuk bunganya itu yg saya hafal banget

      Hapus
    2. setuju sama mas Hendri, saya jg asing dengernya

      Hapus
    3. maklum, asalnya dari luar negeri sih sob

      Hapus
  2. Kalo di Jawa dikenal dgn nama komring ya mas?
    saya jg baru dgr

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, namanya agak aneh ya mbak, hehe...

      Hapus
  3. gak boleh dimakan ya mas? hanya utk obat luar saja... tapi kok bs buat pupuk ya, hebat nih tanaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dimakan jadi racun sob.. bukan jd obat
      hanya utk oles aja ya

      Hapus
  4. nama tanaman herbalnya kereeeen ^_^

    BalasHapus
  5. mksh mas infonya, ini pengetahuan baru bagi saya, untuk mengenal tanaman obat yg seringkali byk yg tdk mengetahuinya

    BalasHapus

Recomended For You:

loading...
loading...