Manfaat dan Makanan Sehat Sumber Vitamin C


Rabu, 18 Mei 2016
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Manfaat dan Makanan Sehat Sumber Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat yang kebanyakan dari kita membutuhkannya dalam hidup kita untuk kesehatan optimal, namun vitamin C sebenarnya tidak seefektif suplemen lain seperti zinc dalam upaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Padahal semua orang sudah tahu bahwa vitamin C berperan aktif dalam kekebalan tubuh. Akan tetapi, hal ini bukan berarti Anda harus membuang vitamin C Anda. Sebaliknya, Anda justru sangat memerlukan vitamin C untuk menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga:

Bagaimana sebenarnya vitamin C bekerja?

Sangat mudah untuk memahami mengapa vitamin C telah menjadi identik dengan kesehatan, sebab vitamin C sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh, dan vitamin ini sangat berlimpah serta mudah ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

Apa yang kita tahu pasti adalah bahwa vitamin C sangat penting untuk penciptaan kolagen, protein yang digunakan tubuh untuk membuat kulit, tulang rawan, tendon, dan ligamen, serta untuk memblokir efek dari radikal bebas. Semua yang berasal dari faktor lingkungan dalam makanan olahan menyebabkan radikal bebas menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan sel dari waktu ke waktu. Mereka akan terakumulasi lalu menyebabkan timbulnya penyakit kronis seperti kanker dan demensia, bahkan dapat mempercepat tanda-tanda penuaan.

Manfaat dan Makanan Sehat Sumber Vitamin C
sumber gambar

Namun karena vitamin C merupakan senyawa yang larut dalam air, maka tubuh kita tidak menyimpannya, jadi kita perlu mengisi pasokan vitamin ini secukupnya dalam setiap hari. Berikut ini beberapa kegunaan vitamin C bagi tubuh kita:

Keriput dan Penuaan

Penuaan dan kolagen berjalan beriringan. Seiring dengan bertambahnya usia, kita berhenti memproduksi banyak kolagen, hal inilah salah satu penyebab utama munculnya keriput, kulit kendor, dan penuaan secara keseluruhan. Kabar baiknya, vitamin C baik diambil dalam bentuk suplemen ataupun dioleskan, dapat memperbaiki tekstur, nada, dan tampilan kulit. Beberapa penelitian terkait asupan makanan tinggi vitamin C dapat membuat kulit lebih halus dan mengurangi keriput. Tapi untuk produk vitamin C topikal, diaplikasikan langsung ke kulit selama setidaknya 12 minggu, agar dapat mengurangi munculnya keriput, kekasaran kulit, dan meningkatkan produksi kolagen secara keseluruhan.

Penyembuhan Luka

Bagi mereka yang pulih dari operasi atau cedera serius, mendapatkan cukup harian vitamin C bisa menjadi super penting, tetapi belum tentu dapat melawan infeksi. Ketika tubuh sedang mencoba untuk mengembalikan luka, itu menciptakan lebih banyak kolagen daripada digunakan untuk seperti membangun kembali jaringan. Proses ini pada gilirannya menghabiskannya lebih banyak vitamin C, dan karena tubuh kita tidak menyimpannya, ketika habis, tubuh tidak dapat membuat lebih banyak kolagen. Itu sebabnya dokter sering merekomendasikan suplemen vitamin C untuk pasien pasca-operasi, karena tanpa sedikit tambahan, produksi jaringan ikat menjadi terlambat dan menghambat proses penyembuhan.

Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi sehari-hari vitamin C dapat mengurangi durasi dingin sekitar 24 jam. Menurut University of Maryland Medical Center, satu-satunya waktu vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh cukup untuk mencegah penyakit adalah ketika diambil oleh orang-orang yang berolahraga di lingkungan yang ekstrim (misalnya pemain ski, pelari maraton, dan tentara yang ditempatkan di Kutub Utara).

Pelindung Bahaya UV (ultraviolet)

Sifat antioksidan dari suplemen vitamin C juga dapat membantu dalam perlindungan saat berjemur. Lalu, muncul sebuah pendapat, jika memang demikian sebelum menuju ke pantai tidak usah memakai tabir surya lagi. Salah, Anda tetap memakai tabir surya, sebab vitamin C tidak membatasi kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV). Hanya membantu melindunginya dari dalam.

Penyakit Jantung

Pengerasan arteri dan kolesterol tinggi adalah dua faktor terbesar yang perlu diperhatikan untuk pencegahan penyakit jantung. Untuk melengkapinya, maka dibutuhkan vitamin C agar dapat secara signifikan menurunkan konsentrasi kolesterol LDL dan trigliserida, serum yang menyumbat pembuluh darah. Vitamin C juga terbukti dapat meningkatkan fleksibilitas dan kelenturan dinding pembuluh darah, yang membantu menurunkan tekanan darah.

Bahkan, salah satu diet dokter yang paling sering direkomendasikan untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi adalah diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yaitu pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi, yang mencakup pengemasan banyak buah-buahan dan sayuran antioksidan, dan pada gilirannya yang banyak mengandung vitamin C.

Makanan (Buah dan Sayuran) Sumber Vitamin C

Anda dapat menemukan vitamin C dalam bentuk alami dalam buah-buahan dan sayuran atau versi sintetis dalam bentuk kapsul vitamin C, permen, dan tablet. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, asupan harian yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah 250 sampai 500 miligram dua kali sehari, atau sekitar 1.000 miligram per hari, yang benar-benar mungkin didapatkan dari makan buah-buahan segar dan sayuran. Berikut makanan yang mengandung banyak vitamin C:
  • Semangka
  • Tomat
  • Labu
  • Paprika merah dan hijau
  • Lobak, Bayam (yang mentah maupun yang dimasak)
  • Kentang
  • Nanas
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Mangga
  • Kiwi
  • Jeruk Bali
  • Blewah
  • Kubis
  • Kembang Kol
  • Brokoli
  • Strawberry
Ingat bahwa mengekspos dengan panas yang berlebihan dapat menguras vitamin C, karena vitamin ini sangat peka terhadap panas. Taruh di tempat yang sejuk dan kering untuk memastikan mereka mempertahankan potensi mereka.

Kapan Anda sangat perlu melengkapi dengan vitamin C?

Jika Anda seorang atlet, penyembuhan dari cedera, atau tidak makan diet seimbang sepanjang waktu, menambahkan suplemen vitamin C dalam rutinitas harian Anda tentu dapat bermanfaat. Karena itu suatu senyawa yang larut dalam air hampir mustahil untuk mengambil terlalu banyak, jika Anda melakukannya, Anda akan menghilangkan kelebihannya ketika buang air kecil. Dan jika Anda khawatir dengan efek penuaan, menggunakan krim atau serum yang diformulasikan dengan vitamin C jelas merupakan suatu ide yang baik.

Inti dari tulisan ini adalah bahwa vitamin C sangat diperlukan dalam hidup Anda, baik dengan cara diet seimbang ataupun melalui suplemen. Cukupi kebutuhan hariannya maka akan dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...