Mana Yang Lebih Sehat, Air Kaktus atau Air Kelapa?


Senin, 06 Februari 2017
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Mana Yang Lebih Sehat, Air Kaktus atau Air Kelapa?

Air kelapa telah menjadi tren selama beberapa tahun terakhir ini, semakin banyak produk-produk air kelapa kemasan yang mulai bermunculan seiring dengan semakin banyaknya orang yang mengetahui manfaat kesehatan dari air kelapa. Tidak sedikit juga kita temui di pinggir-pinggir jalan para penjual es kelapa muda yang juga menawarkan air kelapa segar langsung diambil dari kelapanya.

Namun, jauh di negeri seberang sana, di Amerika, selain banyak juga yang menawarkan air kelapa, ternyata juga ada air pabrik baru yang mulai ikut trendi di pasaran sana, apakah itu? Air tersebut adalah Air kaktus.

Baca Juga:

Air kaktus mulai terkenal di AS karena menjanjikan manfaat kesehatan tambahan yang tidak jauh seperti yang Anda temukan di air kelapa. Hanya saja air kaktus teramat mahal saat ini. Mungkin dikarenakan susah untuk mendapatkannya. Apalagi di negara kita yang sangat jarang sekali di tumbuhi kaktus.

Mana Yang Lebih Sehat, Air Kaktus atau Air Kelapa?
sumber gambar

Lalu, apakah perbedaan manfaat air kaktus dan air kelapa sendiri? Beberapa penjelasan berikut ini akan menambah pengetahuan Anda tentang air kaktus dan air kelapa. Mari kita pelajari.

Air Kelapa

Pertama, mari kita mulai dengan air alami yang berasal dari tanaman yang paling terkenal dan sudah diketahui oleh banyak orang ini, yaitu air kelapa. Dalam bentuk yang paling murni, air kelapa ditemukan langsung di dalam tubuh kelapa yang belum matang. Sebelum kelapa sepenuhnya tumbuh, ia akan berwarna hijau, tanpa rambut kelapa, dan penuh jus lezat, kaya akan nutrisi. Dan ini adalah di mana air kelapa berasal.

Namun, banyak air kelapa yang dijual secara komersial dengan tambahan gula dan rasa. Mereka juga dapat dibuat dari konsentrat.

Di luar itu, ada banyak manfaat gizi air kelapa. Untuk satu kelapa saja, itu sangat tinggi dalam elektrolit, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk atlet atau siapapun yang ingin mengisi dahaga mereka. Bahkan, menurut Natural Society, air kelapa mengandung semua lima dari elektrolit utama: kalium, natrium, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Air kelapa juga mengandung asam amino, membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk diet vegan. Dan terakhir, mengandung berbagai vitamin B, fitonutrien dan antioksidan.

Air Kaktus

Ketika kita mengatakan "kaktus," kita tidak berarti bahwa hanya jenis kaktus yang dapat menyediakan air minum. Hal-hal yang kita bicarakan adalah air dari buah kaktus pir berduri, dan percayalah, Anda tidak ingin minum air dari sembarang tanaman gurun, sebab banyak air kaktus yang juga bisa membuat Anda sakit.

Mana Yang Lebih Sehat, Air Kaktus atau Air Kelapa?
Kaktus pir berduri | sumber gambar

Air kaktus mengandung banyak manfaat gizi. Untuk satu hal, ia juga lebih enak dari air kelapa, meskipun banyak orang yang tidak menyukainya. Air kaktus memiliki rasa yang ringan seperti berry.

Air kaktus juga memiliki sekitar setengah jumlah kalori dari air kelapa. Ia juga memiliki banyak antioksidan-seperti air kelapa-tetapi memiliki spektrum yang sedikit berbeda dari bahan-bahannya. Satu antioksidan stand-out, menurut Elle, adalah taurin.

"Taurin adalah asam amino yang secara alami dibuat dalam tubuh. Ini berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat, sehingga membantu untuk memadamkan radikal bebas dan [memutarbalikan] kerusakan jaringan otot. Tapi kemudian di atas itu, telah ditunjukkan untuk meningkatkan kinerja atletik dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengangkut dan menggunakan oksigen (VO2 max), dan lamanya waktu sebelum kelelahan. "

Betatins adalah kelompok lain dari antioksidan yang dimiliki air kaktus namun dalam air kelapa sangat sedikit. Betatins sangat penting untuk memerangi kerusakan radikal bebas dan menjaga kulit tampak wah dan muda.

Kesimpulan

Pada akhirnya, baik air kaktus dan air kelapa merupakan sumber yang baik dari makanan yang mengandung beberapa antioksidan dan elektrolit dengan hidrasi. Salah satu yang baik untuk diminum, tapi pastikan Anda memilih produk yang bukan dari hasil konsentrasi dan tidak mengandung tambahan gula. Jika Anda memperhatikan kalori atau tidak suka rasa air kelapa, air kaktus mungkin adalah pilihan terbaik. Tapi jika Anda membutuhkan asam amino, energi atau elektrolit, maka lebih baik pilih air kelapa.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...