Buah Rambutan Memiliki Manfaat Kesehatan Yang Berlimpah


Minggu, 10 November 2019
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Buah Rambutan Memiliki Manfaat Kesehatan Yang Berlimpah

Apa itu merah dan hijau, seukuran bola golf, dan kelihatan memiliki rambut yang buruk? Yup, itu buah rambutan! Buah eksotis ini asli dari Indonesia dan memiliki saudara sepupu buah lengkeng serta leci. Setelah Anda mengupas cangkang merah dan hijau yang tampak tidak biasa dengan paku berbulu, Anda akan menemukan daging putih manis dan krem dengan biji di tengahnya.

Meskipun rambutan (Nepheliium lappaceum) ini mungkin bukan barang biasa di pasar produk Anda, ada baiknya memeriksa sumber-sumber lain sehingga Anda dapat menikmati banyak manfaat dan rasanya yang manis / asam yang telah digambarkan seperti anggur.

Baca Juga:

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat serta kandungan nutrisi dari buah rambutan:

  • Penuh nutrisi dan antioksidan
Setiap 100 gram (3,5 ons, atau sekitar 4 buah) buah rambutan mengandung hingga 2 gram serat. Jangan khawatir — Anda bisa mendapatkannya tanpa memakan paku berbulu itu! Jumlah buah yang sama memberikan nutrisi lain, termasuk 20 persen dari kebutuhan harian Anda untuk tembaga dan 2 hingga 6 persen zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan seng. Wow, banyak sekali ya!

Buah Rambutan Memiliki Manfaat Kesehatan Yang Berlimpah
sumber gambar

Manfaat vitamin C dari rambutan sangat menonjol. Anda dapat memenuhi setengah dari kebutuhan harian Anda untuk vitamin C dengan mengonsumsi 5 hingga 6 buah rambutan. Selain sebagai antioksidan yang kuat, buah ini juga mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan zat besi, meningkatkan penyembuhan luka, dan membantu fungsi kekebalan tubuh.
  • Mendukung pencernaan yang sehat
Apa satu hal yang selalu Anda dengar disebutkan ketika berbicara tentang pencernaan yang sehat? Serat! Buah rambutan mengandung serat yang tidak larut dan larut. Jenis yang lama menambah kotoran pada tinja Anda dan membantu mengurangi risiko sembelit dengan membantu memindahkan makanan lebih cepat melalui saluran usus. Yang terakhir adalah makanan.
  • Bisa membantu penurunan berat badan
Penelitian menunjukkan bahwa makan buah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Mengapa tidak menambahkan rambutan ke dalam persamaannya! Buah memiliki beberapa alasan yang tidak terlalu rahasia mengapa buah ini membantu Anda menurunkan berat badan.

Biasanya rendah kalori. Empat buah rambutan mengandung sekitar 75 kalori.
Memberikan rasa manis alami. Membantu memuaskan ‘gigi manis’ Anda dengan gula sehat
Mengenyangkan Anda. Kandungan serat dan airnya bisa membuat Anda merasa puas dan mengurangi nafsu makan
  • Dapat membantu melawan infeksi
Vitamin C dalam buah rambutan adalah alat terbaik untuk membantu sistem kekebalan tubuh menangkal infeksi. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu melawan infeksi. Anda juga dapat membaca tentang bagaimana senyawa dalam kulit rambutan mengandung zat yang dapat melindungi terhadap bakteri dan virus. Namun, karena tidak ada cukup bukti mengenai keamanan memakan kulitnya, maka praktik ini tidak disarankan.



Manfaat kesehatan lainnya

Baik buah rambutan dan ekstrak dari kulit dan biji telah terbukti memberikan manfaat kesehatan. Sebagai contoh:
  • Fosfor dalam rambutan dapat membantu kesehatan tulang.
  • Penggunaan ekstrak kulit rambutan telah terbukti meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan menurunkan kadar gula darah puasa dan resistensi insulin dalam penelitian laboratorium dan hewan.
  • Temuan beberapa penelitian laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa rambutan dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker.
  • Penggunaan kulit rambutan telah menunjukkan kemampuan untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida pada tikus diabetes.
Penting untuk dicatat, bahwa Anda sangat disarankan untuk tidak memakan kulit buah atau biji buah. Karena diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Cara memakannya

Cara terbaik untuk menikmati rasa dan manfaat buah rambutan adalah mentah. Semakin merah buahnya, semakin banyak rasanya. Anda dapat dengan mudah menghilangkan kulit berbulu dengan mencubit buahnya sampai kulitnya terbelah atau memotong kulitnya dengan pisau. Buang kulitnya dan makan di sekitar biji. Lalu buang bijinya juga.

Rambutan juga bisa dibeli dalam kaleng, seperti selai, atau jus. Buahnya bisa dimasukkan ke dalam salad dan kari atau dibuat menjadi puding atau es krim.

Kemungkinan risiko yang perlu Anda ketahui

Anda dapat membaca beberapa cerita yang bertentangan tentang apakah kulit dan biji rambutan aman untuk dimakan. Meskipun orang-orang di beberapa budaya memanggang dan memakan biji dan juga mengkonsumsi kulitnya, tapi praktik ini tidak dianjurkan. Hasil penelitian pada hewan menunjukkan kulitnya bisa beracun dan harus dihindari. Penelitian pada manusia diperlukan untuk memverifikasi keamanan memakan bagian dari buah rambutan ini.

Kesimpulan

Jika Anda mencoba untuk menikmati buah-buahan eksotis dan ingin menuai manfaat kesehatan yang mereka tawarkan, maka buah rambutan harus ada dalam daftar Anda. Ini resep salad sederhana untuk membantu Anda memulai gaya hidup yang sehat.

Sumber Bacaan


Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...