Buah dan Umbi-umbian ini Dapat Melawan Kanker


Minggu, 17 Januari 2016
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Buah dan Umbi-umbian ini Dapat Melawan Kanker

Menurut WHO, tingkat penderita kanker diperkirakan naik 70 persen selama 20 tahun ke depan, meskipun adanya kemajuan luar biasa dalam teknologi medis dan ilmu pengetahuan. Hal ini tentunya menjadi cambuk bagi kita agar lebih berhati-hati baik dalam gaya hidup maupun dalam memilih jenis makanan. Karena pada umumnya gaya hidup yang tidak sehat dan memilih makanan yang asal-asalan lebih cenderung menjadi faktor penyebab munculnya kanker. Dipicu lagi oleh keadaan lingkungan yang semakin berpolusi dimana-mana.

Baca Juga:

Untuk itu, harus ada inisiatif dalam menemukan obat untuk kanker. Namun, haruskah kita menunggu sistem medis menemukan obat atau kita dapat bertindak untuk diri kita sendiri saat ini juga?

Seperti yang saya singgung tadi, bahwa makanan yang tidak sehat juga bisa menjadi faktornya, untuk itu mari kita mulai dengan makanan yang sehat. Makanan yang sehat dan alami, bisa menjadi salah satu alternatif dalam memerangi kanker.

Buah dan Umbi-umbian ini Dapat Melawan Kanker
sumber gambar

Berikut beberapa diantara makanan alami yang dapat membantu melawan kanker, yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya:

1. Bawang putih

Bawang putih, sebagai sayuran allium, telah ditemukan dalam studi untuk melindungi lambung dan usus besar.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, risiko kanker paru-paru menurun dalam sebuah penelitian dengan cara mereka yang terkena wajib makan bawang putih mentah dua kali atau lebih dalam seminggu. Para peneliti juga menemukan bahwa perokok yang makan bawang putih mentah dapat mengalami penurunan risiko kanker paru-paru sekitar 30 persen.

"Dalam tabung reaksi, bawang putih tampaknya dapat membunuh sel-sel kanker. Dan sebuah studi menunjukkan bahwa orang kurang makan bawang putih mentah atau dimasak lebih cenderung mendapatkan kanker usus dan lambung serta kanker kerongkongan " dari University of Maryland Medical Center.

2. Alpukat

Glutathione yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Para peneliti di Ohio State University juga menemukan nutrisi dalam alpukat yang berperan membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel pra-kanker yang menyebabkan kanker mulut.

Ekstrak alpukat ditemukan dapat menghambat kanker prostat.

Bahkan menurut penelitian, molekul dalam alpukat juga telah ditemukan dapat menyerang sel-sel leukemia induk langsung sementara meninggalkan sel-sel sehat tanpa terluka.

3. Tomat

Risiko kanker payudara ternyata dapat dikurangi dengan makan tomat karena mereka mengandung jumlah tinggi karotenoid (alpha-carotene, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, lycopene, dan jumlah karotenoid) seperti yang ditunjukkan oleh penelitian dalam Journal of National Cancer Institute.

Tomat juga dapat mengurangi risiko kanker prostat, hal ini berdasarkan sebuah studi yang melibatkan pria makan lebih dari 10 porsi tomat atau produk tomat per minggunya, mereka dapat mengurangi risiko kanker prostat sebesar 18 persen dibandingkan dengan pria yang makan kurang dari 10 porsi.

Dalam jurnal Oxford juga dijelaskan bahwa konsumsi tomat dan produk tomat jauh lebih baik daripada memakai suplemen lycopene.

-----------
Ketiga jenis buah dan umbi-umbian diatas merupakan makanan yang seringkali kita konsumsi sehari-hari atau bahkan digunakan dalam memasak di dapur. Namun, tidak sedikit yang tahu akan manfaatnya yang luar biasa. Serta tidak jarang juga orang-orang yang tidak menyukai mereka, padahal ketiga jenis makanan tersebut jika rutin dikonsumsi dapat mencegah maupun membantu mengurangi risiko dari berbagai jenis penyakit kanker.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. Bagus nih, memanfaatkan buah dan bumbu dapur sebagai alternatif pencegahan dan pengobatan kanker dibanding harus kemoterapi yang harganya mahal selangit..belum lagi obat2an pendukungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sob, jika ada yg lbh mudah dan alami ngapain nyari yg rumit. apalagi jaman skrg, byk malpraktek yg tdk diinginkan terjadi tanpa kita sadari.

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...