Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Rerumputan


Jumat, 17 Maret 2017
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Rerumputan

Hijaunya rumput, selain sangat sedap dipandang mata serta memberikan efek 'mengistirahatkan mata' ternyata juga menyimpan manfaat lain manakala kita berjalan di atasnya tanpa menggunakan alas kaki dan merasakan rumput di bawah telapak kaki kita. Berjalan tanpa alas kaki melalui rumput, pada kenyataannya, memiliki manfaat kesehatan yang jauh melampaui sensasi menyenangkan yang menawarkan rasa sentuhan.

Baca Juga:

Manfaat ini memiliki bukti ilmiah untuk mendukung klaim mereka, menunjukkan bahwa hampir semua orang dapat meningkatkan kesehatan mereka hanya dengan berjalan, berlari atau berdiri tanpa alas kaki di rumput. Terbaik dari semua, itu merupakan suatu hal yang sederhana untuk dilakukan, Anda tidak punya alasan untuk tidak mencobanya. Apalagi jika hal ini dilakukan di pagi hari yang sejuk dan berembun.

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Rerumputan
sumber gambar

Nah, berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan berjalan tanpa alas kaki di rerumputan:

1. Mengurangi rasa sakit dan stres.

Dalam sebuah studi, para peserta yang mengikuti adalah mereka yang mengalami penurunan rasa sakit dan stres selain perbaikan dalam tidur. Mereka disarankan untuk melakukan kontak dengan bumi, yang dengan kata lain berjalan tanpa alas kaki, sehingga dapat merasakan elektron yang ditranfer bumi ke tubuh mereka. Penyakit Insomnia sering dikaitkan dengan berbagai masalah termasuk sakit fisik, depresi, kecemasan umum dan lainnya, studi kontak Bumi ini menunjukkan tidak hanya dapat memperbaiki tidur tetapi juga berdampak positif pada tingkat kelelahan pagi, tingkat energi siang hari dan tingkat rasa sakit di malam hari.

2. Meningkatkan tidur Anda.

Dalam sebuah penelitian yang sama dengan di atas, yang melibatkan peserta dengan disfungsi tidur, sakit kronis dan stres, peserta disarankan untuk kontak dengan Bumi di tempat tidur mereka sendiri dengan tidur di kasur konduktif selama delapan minggu. Pada akhirnya, 11 dari 12 peserta melaporkan bisa tertidur lebih cepat dan frekuensi bangun di tengah malam berkurang.

3. Berhubungan kembali dengan batin kekanak-kanakan Anda.

Mungkin tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung hal ini, tapi Anda mungkin tidak perlu diyakinkan bahwa berjalan tanpa alas kaki di rumput adalah cara yang bagus untuk menjauh dari diri dewasa Anda sejenak dan mendapatkan kembali masa kanak-kanak Anda yang pernah bermain dengan gembira dan bebas di luar tanpa sepatu. Tindakan sederhana berjalan tanpa alas kaki ini dapat membantu Anda membuka diri kembali ke rasa bermain-main riang, yang memiliki kecenderungan memudar saat kita beranjak dewasa menjadi tua dan menjadi terganggu oleh semua tanggung jawab kita. Dengan kembali ke masa kanak-kanak kita akan merasakan sensasi yang membebaskan dari berbagai beban kehidupan kita, dan tentunya ini akan sangat membantu memulihkan kesehatan pikiran kita.

4. Meringankan sendi tubuh.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi sepatu Anda dapat menempatkan beban lebih besar pada sendi Anda dari yang Anda pikirkan. Sebuah studi yang mengevaluasi kiprah dan ekstremitas bawah beban bersama di 75 peserta mengungkapkan bahwa beban sendi puncak di pinggul dan lutut menurun secara signifikan ketika mereka berjalan tanpa alas kaki dibandingkan dengan ketika mereka berjalan dengan sepatu mereka. Melangkah, irama dan rentang gerak pada sendi ekstremitas bawah juga berubah secara signifikan.

5. Memulihkan lebih cepat dari aktivitas fisik yang sulit.

Rasa sakit yang Anda rasakan setelah melakukan olahraga keras disebut sebagai nyeri otot onset (DOMS / delayed onset muscle soreness). Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki di tanah mempengaruhi aktivitas sistem kekebalan tubuh dan nyeri dengan sedikit penurunan jumlah sel darah putih pada tahap di mana DOMS memuncak. Sebagai perbandingan, peserta studi tidak menyentuh tanah ke bumi terlebih dahulu sebelum berolahraga, dan mereka mengalami peningkatan signifikan dalam sel darah putih, hal ini menandakan respon inflamasi yang khas.

----------
Jadi, ketika Anda menemukan diri Anda menikmati alam dan bersentuhan dengan alam, pastikan Anda benar-benar melakukannya tanpa sepatu. Nikmatilah bertelanjang kaki di atas rerumputan yang sejuk dan super sehat. Sempatkan setiap hari untuk melakukannya.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...