Segudang Nutrisi Kacang Tanah yang Menyehatkan


Kamis, 30 Maret 2017
Label: ,
Advertisement
Resep Menggpai Sehat - Segudang Nutrisi Kacang Tanah yang Menyehatkan

Kacang tanah adalah tanaman pangan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Baik tua maupun muda kerap menjadikannya sebagai makanan ringan untuk camilan. Penyajiannya pun bisa beragam, ada yang digoreng, direbus, dikukus, dioven, maupun disangrai. Aneka pengolahan kacang tanah tersebut masing-masing tentunya memiliki cita rasa yang berbeda.

Namun, berbicara soal kacang tanah, apakah Anda sudah mengetahui manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari si kecil kacang tanah ini?

Baca Juga:

Sebagian orang pasti ada yang sudah tahu manfaat kacang tanah, dan ada juga yang tidak. Malah mungkin yang paling sering kita ketahui hanyalah beberapa mitos kesehatannya saja. Misalnya saja, kebanyakan makan kacang tanah nanti bisa timbul jerawat. Apakah itu benar? Tentu saja tidak! Jerawat timbul bukan karena makan kacang tanah. Tapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhinya, salah satunya adalah terlalu banyak konsumsi gula yang dapat menyebabkan kadar insulin dalam darah menjadi meningkat sehingga produksi hormon androgen pun meningkat yang mengakibatkan kulit berminyak.

Segudang Nutrisi Kacang Tanah yang Menyehatkan
sumber gambar. edited

Itu salah satu mitos kesehatan tentang kacang tanah yang beredar di masyarakat hingga saat ini. Parahnya, ada satu lagi mitos yang jauh lebih menghebohkan. Yaitu tentang adanya kontaminasi aflatoksin pada kacang yang terkait dengan kanker hati.

Kacang tanah, seperti banyak makanan lain, memang rentan terhadap kontaminasi aflatoksin. Aflatoksin adalah senyawa racun berasal dari fungi yang dikenal mematikan. Aflatoksin merupakan zat karsinogen, dan di masa lalu, makan kacang atau selai kacang yang terkontaminasi aflatoksin dapat menempatkan orang pada peningkatan risiko untuk kanker hati. Serta ada juga hubungan antara konsumsi aflatoksin dan masalah kognitif.

Kedengarannya cukup menakutkan, tapi jangan biarkan ini mencegah Anda untuk menikmati segenggam kacang atau semangkuk kacang tanah yang renyah dan lezat! Umumnya para produsen penjual aneka jenis makanan dari kacang di berbagai negara ini sudah diuji terlebih dahulu untuk aflatoksin. Mereka juga melakukan teknik penanganan dan penyimpanan yang baik untuk memerangi aflatoksin. Bahkan memerangi kontaminasi aflatoksin juga sudah diterapkan sejak penanaman hingga kacang tanah ini di panen.

Pernyataan Dr Andrew Weil telah membuat titik besar tentang kacang dan aflatoksin: “Sementara kita tidak tahu banyak tentang bahaya paparan jangka panjang untuk tingkat rendah aflatoksin... belum ada wabah kanker hati di antara anak-anak, seperti yang Anda tahu, merekalah yang paling banyak mengonsumsi selai kacang.”

Untuk itu, pilihlah kacang tanah yang terlihat sehat, jika sudah busuk atau bahkan berjamur, alangkah baiknya jangan dikonsumsi.

Terlepas dari berbagai macam mitos seputar kacang tanah, apa sih sebenarnya manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari kacang tanah? Nah, berikut ini secuil penjelasannya.

Manfaat Kesehatan dari Kacang Tanah

Untuk satu ons (sekitar dua sendok makan) porsi kacang tanah hanya mengandung 164 kalori tetapi memberikan tujuh gram protein. Itu sekitar 13 persen dari protein harian Anda, dan itu bisa didapatkan hanya dalam beberapa sendok makan saja! Luar biasa!

Kacang tanah adalah makanan yang tinggi lemak (itulah mengapa beredar juga mitos bahwa kacang tanah bisa membuat gemuk) dengan 14 gram lemak dalam porsi yang sama, tetapi sebagian besar lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh yang sehat bagi jantung. Kacang tanah memang mengandung dua gram lemak jenuh per porsinya, tapi selama diet Anda secara keseluruhan adalah rendah lemak jenuh, itu tidak perlu khawatir.

Kacang tanah berperan sebagai antioksidan. Satu porsi kacang tanah mengandung 10 persen vitamin E harian Anda, 19 persen niacin dan 10 persen dari kebutuhan folat Anda. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang mendukung kesehatan otak dan melindungi Anda dari kanker usus. Kita perlu niacin, vitamin B, untuk mengatur fungsi hormon. Niacin juga merupakan anti-inflamasi yang meningkatkan sirkulasi. Folat mendukung otak dan kesehatan jantung, dan ada bukti bahwa ia juga dapat membantu melawan depresi.

Kacang tanah juga merupakan sumber besar magnesium (12 persen), fosfor (10 persen) dan mangan (29 persen). Magnesium mendukung jantung dan kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah, sementara fosfor membantu proses limbah tubuh Anda dan mendukung kesehatan tulang serta perbaikan sel. Tubuh kita membutuhkan mangan untuk mempertahankan metabolisme yang sehat, kesehatan tulang dan menyembuhkan ketika kita terluka.

Wow, ternyata kacang tanah yang kecil itu menyimpan begitu banyak nutrisi bagi kesehatan tubuh kita. Lalu kenapa Anda musti takut untuk mengonsumsi kacang tanah?

Timbul jerawat karena kacang, itu hanya mitos. Badan gemuk karena kacang, juga hanyalah mitos. Jadi Anda tidak usah khawatir lagi untuk menikmati kacang tanah dalam camilan diet Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...