Pertolongan Pertama Akibat Sengatan Tawon


Kamis, 21 September 2017
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Pertolongan Pertama Akibat Sengatan Tawon

Apakah Anda pernah disengat oleh tawon? Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Itulah sebabnya pemandangan tawon dan sarangnya membuat ketakutan masuk ke dalam hati bahkan pemilik rumah yang paling berani sekalipun. Jika Anda tahu, atau hanya curiga, rumah Anda mungkin menyimpan sarang tawon, cari tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dan keluarga Anda.

Pertama, jangan keliru, Anda harus bisa membedakan mana tawon dan mana lebah. Keduanya terbang, mendengung, biasanya berwarna hitam dan kuning warnanya. Namun, tawon memiliki tubuh yang halus dan ramping dengan pinggang sempit, tidak seperti lebah, yang kabur dan gemuk dalam proporsi mereka. Rumah mereka juga sangat berbeda. Sarang lebah, dibangun dari sel lilin lebah yang ditumpuk, sering terlihat di pohon berongga, atau di dinding, atap atau lantai bangunan yang tidak berpenghuni.

Baca Juga:

Sebaliknya, sarang tawon terbuat dari papery (sesuatu yang mirip kertas), umumnya berbentuk bulat atau oval. Meskipun tawon kurang malu terhadap manusia daripada lebah, sarang tawon cenderung berada di tempat tersembunyi, misalnya di dalam atap teras Anda, di bawah dek, atau bahkan di dalam lubang di loteng Anda. Anda mungkin bahkan tidak bisa melihat sarang tawon tersebut, namun sebenarnya Anda bisa perhatikan dengan saksama ... dan Anda mungkin sering melihat ada tawon datang dan pergi dari pintu masuk.

Pertolongan Pertama Akibat Sengatan Tawon
sumber gambar

Kapan Kita Membasmi Sarang Tawon?

Jika sarang tawon jauh dari rumah Anda, tinggalkan saja. Sebagai predator, tawon benar-benar memakan hama pertanian seperti kutu daun, ulat, belatung, dan kumbang. Mereka juga bisa menguntungkan kebun Anda dengan cara yang kedua dan tidak diketahui juga, mereka adalah penyerbuk!

Meskipun begitu, Anda mungkin tidak ingin jika ada sarang tawon di dekat rumah. Serangga ini merespons ancaman, dengan sengatan tawon. Tidak seperti lebah, tawon mampu menyengat berkali-kali dan bahkan akan memberi sinyal pada tawon lain untuk datang dan bergabung dalam keributan tersebut. Gila, hasilnya pasti sangat menyakitkan. Namun, sebenarnya tawon membuat sarang seiring dengan perkembangan musim. Biasanya berlangsung dari awal Mei sampai akhir Oktober. Jadi, jangan repot-repot menyingkirkan sarang tawon apapun di properti Anda. Sebab, tawon tidak menggunakan kembali sarang tua mereka tahun depan. Benarkah?

Membuang Sarang Tawon

Melepaskan sarang tawon adalah operasi yang rumit dan berpotensi berbahaya, terutama di akhir musim panas sampai musim dingin, saat sarangnya bisa mengandung 5.000 serangga agresif. Lebih baik aman daripada menyesal, terutama jika ada orang di rumah Anda yang memiliki alergi pada sengatan tawon. Maka hubungi profesionalis pengendalian hama yang andal, yang memiliki pengetahuan dan peralatan untuk mengatasi masalah sarang tawon Anda dengan cepat dan efisien, tanpa membahayakan Anda, anak-anak, hewan peliharaan, atau hasil kebun Anda. Selain pengambilan sarang tawon, ada beberapa solusi lain yaitu:
  • Menggantung sarang tawon buatan untuk mencegah pembuatan sarang di masa depan
  • Pasang perangkap tawon
  • Tenggelamkan sarang dan penghuninya
  • Lakukan penyemprotan dengan insektisida alami atau air sabun

Pertolongan Pertama Sengatan Tawon

Sengatan tawon sangat menyakitkan bagi siapa saja (dan sering kali terus sakit selama 2-5 hari), namun bagi orang-orang yang alergi terhadap racun tawon, bisa saja mengancam nyawa. Reaksi sengatan tawon yang serius kadang termasuk ruam, pembengkakan, penurunan tekanan darah mendadak, dan kesulitan menelan atau bernafas. Jika Anda yakin bahwa orang yang terkena sengatan itu TIDAK memiliki alergi sengatan tawon dan reaksinya relatif ringan, ikuti tips perawatan berikut ini:
  • Lepaskan sengat tawon dengan tepi kartu kredit
  • Lepaskan perhiasan yang dipakai di area yang tersengat
  • Cuci bagian yang tersengat tawon dengan sabun dan air, untuk menghilangkan racun yang tersisa
  • Oleskan es untuk mengurangi pembengkakan
  • Ambil anti inflamasi untuk rasa sakit dan anti histamin untuk melawan gatal
Bagi pasien yang pasti memiliki alergi terhadap sengatan tawon:
  • Segera hubungi dokter
  • Suntik dengan epinephrine, jika tersedia

----------------
Nah, itulah sekelumit tentang tawon dan sarangnya, serta bagaimana cara memberikan pertolongan pertama jika tersengat tawon. Mencegah memang lebih baik, untuk itu sesering mungkin Anda jaga kebersihan sela-sela tersembunyi di rumah Anda. Jangan sampai tawon melirik rumah Anda dan menjadikannya sebagai tempat bersarang.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...